5G perlu tahapan, Menkominfo prioritaskan jaringan internet dulu

Rabu, 30 Oktober 2019 | 08:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate menegaskan, penerapan 5G akan dilaksanakan pada waktu yang sudah memungkinkan.

Seperti diketahui, seiring dengan tuntasnya Palapa Ring, harapan untuk diterapkannya 5G di Indonesia tentu makin menguat. 

Namun demikian, menurut Menkominfo, penerapan jaringan terbaru tersebut tidak bisa sembarangan. Ada banyak tahapan yang menurutnya perlu dipersiapkan lebih dulu.

"5G ya kita mau, tetapi ada tahapannya. Saat ini, di wilayah kedaulatan kita ada yang 2G, ada 3G, ada yang 4G. Kita harus selesaikan semuanya dengan baik dulu," ucapnya di Gedung Kominfo, Senin (28/10/2019).

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kominfo, Ismail, mengatakan ekosistem terlebih dahulu harus dipersiapkan untuk penerapan jaringan terbaru itu.

Saat ini, menurut Ismail, persiapan sedang dilakukan dan operator telekomunikasi sedang melakukan uji coba untuk layanan 5G agar betul-betul siap.

"Kita selesaikan ekosistem terlebih dulu agar pada saat 5G dirilis, khususnya spektrum frekuensinya, kita bisa menjadi tuan rumah dengan mempersiapkan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi kepentingan industri dan masyarakat," ujar Ismail.

"Jadi, dengan teman-teman operator mempersiapkan 4G sekarang dengan sebaik-baiknya, sebenarnya ini sudah menjadi landasan nanti pada saatnya men-deliver 5G," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: