Bantu pengguna jalan, Waze rilis fitur tarif jalan tol di Indonesia

Kamis, 31 Oktober 2019 | 08:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Anda yang mau bepergian tapi belum mengetahui besaran tarif jalan tol sepanjang perjalanan yang akan dilalui, kini tak perlu khawair. Pasalnya, platform yang mempertemukan komunitas di jalan maupun di luar jalan, Waze meluncurkan fitur Tarif Jalan Tol di Indonesia.

Dengan fitur ini, memungkinkan bagi pengguna untuk melihat dan membandingkan harga ketika berkendara di sepanjang rute jalan tol.

Product Manager Waze, Moriah Royz menuturkan, langkah tersebut bertujuan untuk membantu pengendara mengambil keputusan dengan memberikan visibilitas harga sebelumnya. Sehingga pengguna bisa membandingkan tarif dari rute yang berbeda dan perkiraan waktu tempuh sesuai pilihan.

Fitur hyperlocal ini tersedia berkat usaha komunitas Waze yang terdiri dari lebih dari 30.000 Map Editor aktif di Indonesia setiap bulannya. Komunitas inilah yang secara sukarela membantu mengumpulkan dan memasukkan informasi tarif jalan tol ke dalam aplikasi.

Hal ini menandakan bahwa Waze merupakan aplikasi yang sangat didukung oleh masyarakat dan digerakkan oleh komunitas.

“Hingga saat ini, Waze selalu berupaya mengurangi waktu yang dihabiskan dalam kemacetan dan sekarang, kami juga membantu para pengguna kami dalam menghemat biaya perjalanan dengan memberikan alternatif rute terbaik, berdasarkan perkiraan waktu tempuh (ETA) serta biaya tol selama perjalanan. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan komunitas kami agar fitur ini tersedia di seluruh kawasan,” ujar Moriah dalam keterangan tertulis, Rabu (30/10/2019).

Fitur yang kompatibel dengan jalur padat kendaraan ini secara otomatis dapat digunakan dan pengguna dapat melihat tanda Tol di rute yang melalui jalan tol. Pengendara dengan kartu e-toll juga dapat memilih ini di aplikasi Waze, sehingga dapat selalu terhubung dengan aplikasi Waze ketika rute-rute pilihan ditampilkan.

Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan menambahkan, berkat seluruh Map Editor Waze di Indonesia, kini semua pengguna Waze dapat terlebih dahulu merencanakan berapa banyak dana yang diperlukan untuk perjalanan mereka, terutama biaya tol.

"Aplikasi Waze secara langsung menginformasikan tentang total biaya tol untuk masing-masing rute, sehingga para pengguna bisa memilih rute dengan lebih efisien. Kami berharap pengembangan fitur kami yang berkelanjutan senantiasa memberikan manfaat bagi para pengguna kami di Indonesia,” ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: