Modal asing Rp217 triliun masuk Indonesia sepanjang Januari-Oktober 2019

Senin, 4 November 2019 | 09:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Arus modal asing yang masuk ke pasar Indonesia hingga akhir Oktober 2019 lalu tercatat masih cukup positif.

Menurut data di Bank Indonesia (BI), aliran modal asing yang masuk dari Januari hingga 31 Oktober 2019 dalam bentuk portofolio ke surat berharga negara (SBN) dan saham ada sebesar Rp 217,04 triliun.

Aliran modal tersebut mengalir ke obligasi pemerintah sebesar Rp 165,2 triliun dan ke saham sebesar Rp 49,9 triliun. Kemudian, ada sebagian kecil ke obligasi korporasi sebesar Rp 2,06 triliun.

Dan bila dilihat secara week to date, dalam seminggu hingga 31 Oktober 2019, terjadi aliran modal asing yang masuk menuju SBN sebesar Rp 4,45 triliun dan obligasi korporasi sebanyak Rp 110 miliar.

Hanya saja, kembali terjadi aliran modal keluar dari saham sebesar Rp 190 miliar.

Melihat kondisi tersebut, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa saat ini masih ada kepercayaan investor terhadap Indonesia. Ini dengan bukti aliran inflow asing masuk ke portofolio yang terus mengalir.

"Selain itu, mereka juga merasa aman dan percaya dengan prospek ekonomi Indonesia ke depan," tambah Perry pada Jumat (1/11/2019) di Jakarta.

Selain itu, Perry juga melihat bahwa kepercayaan para investor ini juga dipengaruhi oleh kebijakan Indonesia dan juga dengan adanya kepastian kepemimpinan, seperti presiden dan jajaran menterinya. 

Perry pun mengatakan bahwa untuk ke depan, BI akan bekerja sama dengan pemerintah untuk terus menjaga kebijakan agar aliran modal asing masih terus masuk ke Indonesia. kbc10

Bagikan artikel ini: