Mitsubishi siap ekspor Xpander buatan Indonesia ke 40 negara

Jum'at, 8 November 2019 | 06:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pabrikan mobil asal Jepang Mitsubishi menyebutkanbaru akan mulai merakit Xpander di Vietnam mulai 2020 mendatang. Low multi purpose vehicle (LMPV) sensasional ini sepanjang tahun ini sudah diekspor ke Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Ke depan, rencana jumlah ekspor ini bakal bertambah lebih banyak lagi. “Rencananya kami akan ekspor ke total 40 negara, di Kawasan Timur Tengah dan Benua Afrika,” ucap Minoru Uehara, Chief Product Specialist B & C Segment, Product Strategy Division MMC, di Okazaki, Aichi, Nagoya, Jepang, Kamis (24/10/2019).

Uehara mengatakan, sampai saat ini Xpander sudah meluncur di dua negara baru, yakni Kongo dan Mesir. Dalam waktu dekat akan ada tambahan negara baru lagi.

“Mungkin dalam waktu dekat akan ada Afrika Selatan. Di sana ternyata Avanza juga dipasarkan, jadi cukup kaget juga kita,” ucap Uehara. Ekspor Vietnam Terkait hilangnya potensi ekspor Xpander secara utuh (completely built-up/ CBU) ke Vietnam, Uehara juga berkomentar.

Menurutnya, besarnya permintaan Xpander di Vietnam, serta adanya kebijakan regulasi dari pemerintah setempat membuat opsi perakitan menjadi pilihan terbaik.

“Permintaan di Vietnam meledak, tahun depan sudah minta dua kali lipat, mengapa produksi harus dilakukan di sana,” kata Uehara. Uehara mengakui, kalau potensi ekspor CBU ke Vietnam dari Indonesia memang besar. Namun, akan ada kompensasi atas kehilangan ekspor ke Vietnam, yakni ke negara baru yang lain.

“Indonesia masih tetap ekspor ke Vietnam, komponennya dari Indonesia tetap. Potensi ekspor ke Timur Tengah dan Afrika secara akumulasi akan bisa menyamai, bahkan lebih besar dari Vietnam,” kata Uehara.

Sebelumnya, Duta Besar Indonesia Untuk Vietnam Ibnu Hadi, mengatakan total potensi ekspor produk otomotif dari Indonesia mencapai 1 miliar dollar AS hingga akhir 2019 ini.

"Produk andalan ekspor Indonesia ke Vietnam adalah batu bara dan otomotif. Total ekspor Indonesia ke Vietnam pada semester pertama tahun 2019 naik 27,37 persen di mana otomotif mencatatkan kenaikan tertinggi," ujar Hadi.

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, ekspor mobil buatan dalam negeri ke Vietnam pada periode Januari-Juli 2019 meningkat 26,7 persen dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan ekspor tertinggi sementara diraih Mitsubishi dengan Xpander, mencapai 8.318 unit. kbc10

Bagikan artikel ini: