Sasar kelas bawah, tabungan Tasaku Sampoerna kian diminati masyarakat

Sabtu, 9 November 2019 | 12:55 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bank Sampoerna terus berkomitmen mendukung program laku pandai melalui Tabungan Sampoerna AlfaKu (Tasaku). Hingga saat ini, sudah ada 25 ribu nasabah Tasaku yang tersebar wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Malang. Jumlah nasabah Tasaku diproyeksikan bakal bertambah.besar seiring rencana "go nasional" di tahun depan. 

"Minat masyarakat terhadap produk Tasaku cukup tinggi. Hal ini terlihat dari tingginya angka pertumbuhan yang berhasil dicapai sebesar 30 persen hingga 35 persen di tahun ini," kata Direktur Keuangan PT Bank Sahabat Sampoerna ( Bank Sampoerna) Henky Suryaputra kepada wartawan di Surabaya, Jumat (8/11/2019) malam.

Ia mengungkapkan, sejak diluncurkan pada tahun 2014, Tasaku memang dibuat untuk memfasilitasi masyarakat yang masih belum terjangkau oleh pihak perbankan. Hal ini sesuai dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan untuk Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai). 

"Rasio inklusi keuangan masyarakat Indonesia masih mencapai 47 persen. Ini jauh tertinggal dari negara Malaysia yang mencapai 70 persen dan  India 80 persen," tambahnya.

Rendahnya rasio inklusi keuangan tersebut karena masih banyaknya masyarakat yang tidak terjangkau dan jauh dari kantor cabang bank terdekat serta banyaknya masyarakat kelas bawah yang enggan datang ke kantor cabang bank. Dengan difasilitasi oleh agen, dalam hal ini Alfa group maka tabungan Tasaku bisa menjangkau mereka, seperti tukang becak, pemulung dan pedagang asongan. 

"Tidak ada minimal setoran, bahkan banyak diantara mereka yang tiap menabung hanya Rp 2 ribu atau Rp 3 ribu. Dan keuntungannya menabung di sini karena tidak ada potongan untuk biaya administrasi dan lainnya," ungkap Regional Business Head Bank Sampoerna Cabang Surabaya, Hendra Setiawan. 

Hingga September 20q19, total dana yang terhimpun dari tabungan Tasaku mencapai Rp 7,5 miliar. Sementara di 2020, dengan adanya rencana ekspansi di sejumlah wilayah dan provinsi, maka total dana yang akan terhimpun dari tabungan Tasaku ditargetkan mampu melesat ke angka Rp 30 miliar hingga Rp 50 miliar.

"Agar masyarakat kian tertarik dan mau menabung di Tasaku, maka kami menggelar program Grand Prize Tasaku yang akan diundi dalam setiap tiga bulan sekali," pungkas Product Development Manager Tasaku, Aji Saputro.kbc6

Bagikan artikel ini: