Saingi Apple dan Facebook, Google siap rambah bisnis fintech

Selasa, 19 November 2019 | 10:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Apple dan Facebook telah lebih dulu merambah dunia teknologi keuangan. Kali ini, Google juga mengumumkan rencana untuk menawarkan akun giro pada 2020.

Seperti dilansir dari Engadget, proyek teknologi finansial ini akan diberi nama Cache.Tentu, Google tidak akan menangani urusan finansialnya, karena fondasi keuangan ini akan ditangani oleh Citigroup, serta Credit Union dari Stanford University akan turut menangani soal finansial dan juga branding.

Google sendiri akan menangani integrasi akun finansial tersebut ke akun Google, dan menjaganya agar jadi salah saqtu yang teraman.

Kekhawatiran tentu akan selalu muncul jika finansial sudah bersinergi dengan teknologi. Hal ini terutama soal privasi data dan juga keamanan dari kejahatan siber.

Namun, Google berjanji bahwa mereka tidak akan menjual data keuangan dari pemegang akun. Alih-alih, Google akan memberi program loyalitas layaknya Google penyedia jasa layanan bank.

Google sendiri telah mencanangkan proyek ini lewat wawancaranya dengan Wall Street Journal. Salah satu petinggi Google, Caesar Sengupta menyebut bahwa proyek Google ini adalah salah satu cara untuk mendigitalkan dunia perbankan.

"Jika kita dapat membantu lebih banyak orang melakukan lebih banyak hal dengan cara digital, itu bagus untuk internet dan bagus untuk kami," ungkap Sengupta.

Namun tentu, akun perbankan memuat berbagai informasi yang sangat-sangat sensitif. Tugas Google adalah menjamin informasi tersebut agar tetap aman dan tidak menyalahgunakannya.

Seperti yang diketahui, Google seringkali melakukan beberapa cara ilegal untuk melakukan dominasi internet, dan akhirnya raksasa teknologi AS ini telah beberapa kali terkena sanksi.

Facebook sendiri yang terlebih dulu terjun di dunia fintech, telah menghadapi pengawasan untuk deretan rencana integrasi fintech mereka. Nampaknya, Google akan segera menghadapi hal serupa.

Google sendiri sedang diusut dalam kasus antimonopoli, sehingga proyek baru ini tentu akan diawasi dengan jauh lebih ketat. kbc10

Bagikan artikel ini: