Menteri Teten putar otak agar kaum milenial mau kembangkan koperasi

Rabu, 20 November 2019 | 08:23 WIB ET
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan UKM Teten Masduki

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki menilai anak muda atau kaum milenial sekarang ini kurang berminat untuk mengembangkan sebuah koperasi.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya untuk melakukan modernisasi koperasi agar lebih dekat dengan anak muda.

Saat ini, Teten melihat banyak perusahaan e-commerce yang bisa dengan cepat menghubungkan produsen UKM dengan pembeli serta investor.

Karenanya, kata dia, modernisasi dirasa perlu agar koperasi kembali menjadi kekuatan ekonomi nasional. Salah satunya melalui e-commerce.

"Ini yang sekarang saya rasa harus hidupkan lagi adalah koperasi di anak-anak muda, milenial. Di belahan dunia banyak koperasi termasuk platform digital yang melibatkan anak-anak muda. Ada hi-tech-nya," ujar Teten seperti dikutip, Selasa (19/11/2019).

Berdasarkan survei, Teten mengatakan minat milenial di era sekarang untuk menjadi entrepreneur sangatlah tinggi, terutama di e-commerce.

Mantan kepala staf kepresidenan RI tersebut menilai hal tersebut adalah peluang bagi pihaknya untuk membangun koperasi di kalangan mereka.

"Ini yang menurut saya harus dilihat sebagai suatu peluang untuk membangun koperasi di kalangan mereka (milenial, - red). Karena mereka anak-anak muda ini nggak punya modal, punyanya hanya ide," kata dia.

Menurutnya, ide-ide yang dimiliki oleh kaum milenial tersebut dapat berkembang dan diwujudkan sebagai inovasi melalui wadah koperasi.

"Sebenarnya cocok ide (dari milenial) ini ditumbuhkembangkan, dipupuk dalam bentuk inovasi-inovasi bisnis dan lebih tepat kalau menurut saya dalam wadah koperasi," ujar Teten. kbc10

Bagikan artikel ini: