Kemenhub pastikan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya dimulai 2022

Kamis, 21 November 2019 | 09:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya akan terus dikebut. Hal ini menyusul permintaan khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar proyek tersebut bisa dipercepat.

Proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya diakui Menhub sudah memasuki tahap uji kelayakan (feasibility study). Di mana tahap pembangunan diharapkan akan mulai di 2022 dan selesai 2026.

"Tapi tadi presiden secara umum meminta semua pekerjaan itu dipercepat," ujar Budi di Istana Negara, Rabu (20/11/2019).

Dana investasi untuk kereta cepat diharapkan sebesar Rp60 - Rp100 triliun. Hanya saja kata Budi, Nominal investasi ingin terus dioptimalkan, karena dalam pembangunannya harus dipastikan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKD)

"Pertama TKDN harus ditingkatkan, kedua kontraktor Indonesia harus dilibatkan, dan ketiga bagaimana kita alih teknologi dilakukan harus lebih cepat," lanjut Budi.

Menurut Budi, setelah feasibility study selesai maka akan masuk tahap tender, siapa yang akan membangun MRT. Diperkirakan tahap tender akan dilakukan pada bulan November tahun depan.

Sementara itu, untuk siapa yang akan menjadi operator kereta semi cepat, belum di bahas.Namun, bila melihat proyek yang dikerjakan Jepang seperti MRT, mereka hanya sebagai kontraktor bukan operator. Karena yang mengoperasikan bukan PT KAI bukan PT MRT. kbc10

Bagikan artikel ini: