Film animasi Frozen 2 kantongi Rp4,9 triliun di pembukaan pemutaran

Rabu, 27 November 2019 | 10:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: "Frozen 2", film besutan Disney, menjadi film sekuel kedua yang meraih kesuksesan. Pada pembukaan pemutaran di seluruh dunia, film ini berhasil meraup pendapatan US$350 juta atau Rp 4,9 triliun (US$1 = Rp 14.066).

Angka ini melonjak bila dibandingkan sekuel pertama pada 2013, yang hanya meraih US$93 juta atau Rp 1,3 triliun.

Sebelumnya lima film Disney telah menghasilkan lebih dari US$1 miliar atau Rp 14 triliun, seperti "Avengers: Endgame," "Toy Story 4" dan "The Lion King", di box office tahun ini.

Disney memprediksi, "Frozen 2" sedang dalam perjalanan untuk menjadi film keenam yang akan menghasilkan US$1 miliar.

"Strategi Disney 2019 yang sempurna sekali lagi terus membayar dividen besar," Paul Dergarabedian, Analis Media senior Comscore, seperti dikutip, Selasa (26/11/2019).

Disney menyebut "Frozen 2" sebagai film terlaris dan tertinggi yang pernah diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios, yang telah memproduksi film sejak 1937.

Meskipun, "Frozen 2" hadir kembali setelah enam tahun dari sekuel pertamanya, namun tetap mampu mendatangkan jumah rekor pendapatan dan penonton di Minggu pertama ditayangkan.

Dergarabedian juga menambahkan, bahwa film ini mampu memberikan hiburan ramah keluarga kepada "penonton global yang antusias pada tanggal rilis yang menguntungkan," yang membantu memperkuat posisi Disney sebagai studio dengan pendapatan tertinggi tahun ini.

Keberhasilan "Frozen 2" datang pada waktu yang tepat untuk industri film di Hollywood. Dengan hanya lima akhir pekan yang tersisa di tahun ini, kesuksesan blockbuster "Frozen 2" adalah hal penting dalam membangun upaya industri untuk membalikkan defisit.

"Setiap dolar penting," kata Dergarabedian.

Selain itu, dengan ditayangkannya "Frozen 2" ini, dapat membantu gelombang di loket tiket untuk film seanjutnya yang akan rilis bulan depan, seperti "Cats," "Jumanji: The Next Level" dan "Star Wars: The Rise of Skywalker". kbc10

Bagikan artikel ini: