Gandeng BTN, perusahaan Jepang siap bangun rumah untuk milenial di Indonesia

Kamis, 28 November 2019 | 10:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan asal Jepang diketahui tengah menggandeng PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN untuk memodali pembangunan perumahan khusus milenial di Indonesia. 

Direktur Finance, Planning, & Treasury BTN, Nixon tL. P. Napitupulu menyebut bahwa dalam waktu dekat perusahaan asal Negeri Sakura tersebut berencana bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait wacana tersebut.

"Mungkin mereka akan ketemu Presiden dalam waktu dekat," kata dia di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

Pihaknya juga telah melakukan kunjungan ke Jepang untuk menjajaki kerja sama tersebut. Adapaun pendanaan yang ingin mereka lakukan adalah untuk perumahan berkonsep smart city yang terintegrasi dengan transportasi umum.

"Dan mungkin yang didorong adalah lebih ke milenial, 25-35 tahun, jadi mereka pengennya di rural area ya, jadi lebih ke arah kota Jakarta, Surabaya, Bandung," ujarnya.

Spesifikasi rumah ini nantinya di atas FLPP sedikit, yaitu dikisaran Rp200 juta - Rp500 juta. Lokasinya akan lebih mendekati perkotaan dengan konsep hunian vertikal.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi kenyataan, baru penjajakan, sudah tandatangan non disclosure agreement. Jadi kesepakatan untuk menjaga kerahasiaan data antar institusi. Diharapkan bisa MoU di bulan Desember," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengaku belum bisa mengungkap nama calon pemberi modal tersebut. Hanya saja dia memberi bocoran perusahaan tersebut juga merupakan salah satu pemodal dalam proyek pembangunan MRT Jakarta.

"Tapi kurang lebih institusinya juga itu memberikan pinjaman di MRT," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: