Benamkan kamera 108 MP, Samsung Galaxy S11 mampu ubah malam jadi siang?

Rabu, 4 Desember 2019 | 14:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Samsung telah jauh-jauh hari menghembuskan kabar bahwa fitur kamera akan menjadi yang jadi salah satu fokus utama terkait spesifikasi dari flagship selanjutnya yakni Galaxy S11 Series. Pada model ini, pabrikan Korea ini bakal membenamkan kamera dengan resolusi 108MP.

Namun terdapat fitur terbaru yang dikabarkan tersemat di kamera Galaxy S11 Series. Melansir LetsGoDigital, ini adalah sensor Bright Night, yang merupakan sensor night mode canggih.

Fitur ini disebut telah didaftarkan sebagai paten di European Union Intellectual Property Office, yang disebut sebagai sensor kamera unuk fotografi dan videografi.

Modus malam ini bisa bekerja seiring dengan tingginya resolusi dari smartphone ini yang secara alami akan membuat performa dari kondisi redup cahayanya makin baik

Fitur ini diprediksi akan menghapus noise di tiap pikselnya dan menghasilkan foto yang lebih tajam dan bersih, dan tentunya lebih terang. Bahkan diprediksi, fitur ini akan membuat jepretan malam hari akan nampak seperti siang hari.

Dirumorkan, Galaxy S11 akan mengusung empat kamera. Konfigurasi ini akan mirip dengan Note 10+, di mana sensor utama 12MP yang telah lama dibawa Samsung akan diganti menjadi kamera 108MP.

Ini adalah sensor yang sama dengan yang diproduksi Samsung untuk Xiaomi Mi Mix Alpha yang telah diperkenalkan sebelumnya.

Kamera utama ini akan dipadu dengan kamera ToF yang bisa kita temui di Note 10+ lalu. Ini akan membantu konten fotografi bokeh di lensa telefoto serta konten AR. Sensor kamera ToF sendiri mampu mengumpulkan data kedalaman dengan sangat akurat.

Di samping kamera utama dan ToF, akan ada kamera telefoto serta ultra wide angle. Soal kamera telefoto, akan ada zoom optikal 5x yang tersemat di lensanya. Ini meningkat dari Samsung Galaxy S10 yang hanya membawa 2x zoom optikal.

Deretan smartphone kompetitor yang memiliki zoom optikal adalah iPhone 11 Pro dengan 2x Zoom, OnePlus 7 Pro dengan 3x Zoom, Huawei P30 Pro dengan 5x zoom, serta Oppo Reno dengan 10x zoom hibrida.

Di salah satu varian S11 nantinya, diprediksi akan ada sebuah fitur canggih yang bernama spektrometer. Ini adalah fitur di mana Anda bisa mengarahkan smartphone Anda ke sepotong buah dan langsung tahu nilai nutrisi di dalamnya.

Tak cuma itu, kulit Anda bisa dipindai untuk tahu kadar air dan minyak di dalamnya. Sensor ini bahkan bisa mengidentifikasi minuman, di mana jenis minuman dan kadar alkohol di dalamnya bisa diidentifikasi.

Selain sensor yang kini makin besar, Samsung dilaporkan juga akan menambahkan fitur baru serupa Deep Fusion Apple di iPhone 11 Pro.

Fitur ini berupa analisis deretan foto yang dijepret berkali-kali oleh sistem, di antaranya diambil dengan eksposur cepat dan foto lain ketika tombol shutter ditekan. Ini akan menghasilkan foto dengan momen terbaik, dengan upaya yang mudah. kbc10

Bagikan artikel ini: