Samsung dikabarkan siapkan smartphone lipat murah

Jum'at, 6 Desember 2019 | 08:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pabrikan smartphone tampaknya mulai antusias memproduksi ponsel lipat. Lihat saja, usai Samsung dengan Galaxy Fold dan juga Huawei melalui model Mate X, Motorola juga tak mau ketinggalan mengeluarkan Razr.

Samsung sendiri telah mengonfirmasi bahwa raksasa teknologi Korea Selatan tersebut akan menelurkan kembali Samsung Galaxy Fold dengan konsep baru. Konsep baru ini pun membawa pelipatan vertikal layaknya yang Razr miliki.

Nah, satu hal yang membedakan mungkin adalah harga. Setidaknya, ini adalah hal yang jadi rumor baru terkait Samsung.

Berdasarkan laporan dari The Korea Herald yang dikutip Phone Arena, harga dari Samsung Galaxy Fold 2 ini akan setara dengan 1 juta Won, atau setara dengan Rp12 juta saja. Angka ini bahkan lebih murah dari seri flagship mereka yakni Galaxy S10 dan Note 10.

Soal spesifikasi, hal ini belum terungkap. Cukup mustahil jika Samsung akan mengusung spesifikasi yang lebih 'sederhana' dari Razr yang hanya membawa prosesor Snapdragon 710 dan RAM 6GB. Kemungkinan besar Samsung akan menyematkan prosesor besutannya sendiri yakni Exynos seri flagship namun nomor tahun lalu.

Meski Samsung belum mengungkap spesifikasinya, namun rumor menyebut bahwa Samsung mengembangkan panel layar OLED lipat dengan bentang 8,1 inci, yang akan dipadu dengan kaca super tipis yang disebut akan jauh lebih kuat ketimbang Galaxy Fold original.

Soal ketahanan perangkat, Samsung juga dirumorkan akan meningkatkan ketahanan dari desain engsel yang membuat smartphone ini akan sangat aman ketika terlipat, mampu mengunci engsel agar tak sengaja tertutup, serta kemampuan mengunci engsel di sudut 90 derajat agar dua lipatan layar dapat digunakan semua.

Soal penggunaan dua layar, Samsung mempertontonkan juga kemampuan ini, seperti yang tertera di gambar atas.

Soal kamera, Samsung nampaknya belum memberi keputusan mengingat teknologi kameranya mungkin akan serupa dengan deretan flagshipnya yakni Samsung S11. Yang lebih pasti tentu adalah dapur pacunya, yang kemungkinan akan membawa RAM 12GB serta storage 256GB. kbc10

Bagikan artikel ini: