Facebook dan Google berniat bangun data center di Indonesia

Minggu, 8 Desember 2019 | 07:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia menjadi negara yang cukup signifikan bagi perusahaan-perusahaan teknologi dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyebut, Facebook dan Google bakal membangun data center di Indonesia.

Menurut Johnny untuk membangun data center harus ada beberapa langkah yang diperlukan.

"Data center yang pertama kita harus menyelesaikan dulu Undang-undang Perlindungan Data pribadi (UU PDP) yang disebut dengan GDPR Indonesia. Bangsa-bangsa lain sudah punya kita belum," kata Johnny di Kantor Kominfo, Jumat (6/12/2019).

Johnny bilang, UU Perlindungan Data Pribadi saat ini akan diserahkan ke DPR pada akhir tahun ini, dan diharapkan akan selesai pada 2020.

"Kita juga berencana untuk melakukan integrated data center di Indonesia ini. Integrated data center ini kita awali dengan apa? terintegrasinya data-data pemerintah yang di bawah kendali pemerintah saat ini tersebar dalam 9 hingga 10 ribu data center di Indonesia ini. Baik oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat tersebar kemana-mana," kata Johnny.

Johnny juga melanjutkan untuk lokasinya yakni Batam, Bekasi, Manado, dan ibu kota baru nanti. "Untuk itu kita harapkan kerja sama dengan pemerintah daerah. Saat ini sudah berlangsung dengan baik untuk menyiapkan lahannya. Lahannya tidak besar-besar sekali untuk data center itu," kata Johnny.

Dia juga menghimbau kepada ekosissetam seperti Facebook, Google, Apple untuk menempatkan data-data di Indonesia.

"Mereka menunjukkan itikad baiknya, untuk kebaikan dan kelancaran usaha mereka," pungkas Johnny. kbc10

Bagikan artikel ini: