Mendag jamin tak ada lonjakan harga pangan saat Nataru

Senin, 9 Desember 2019 | 09:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan menjamin tidak akan ada lonjakan kenaikan harga pangan sepanjang momen perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 alias Nataru.

"Tidak ada (kenaikan harga). Jadi saya kemarin sudah cek ke Jawa Tengah, dan beberapa tempat , saya melihatnya langsung dan juga tim Kementerian Perdagangan sudah keliling ke beberapa daerah, sampai saat ini aman dan terkendali," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Demikian pula dengan ketersediaan pangan di pasar seluruh Indonesia, dipastikan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Pangan cukup stok untuk natal dan tahun baru, kami sudah cek (ketersediaan) stabil dan aman," katanya.

Terutama untuk ketersediaan beras, menurut Agus, komoditas ini senantiasa siap untuk didistribusikan ke seluruh pasar Indonesia demi menghindari kelangkaan.

"Kalau Beras ini memang distribusinya sudah kita koordinasikan dengan bulog, terutama untuk beras minggu ini, sudah kerja sama juga dengan asosiasi seperti dengan Aprindo, dan Aprindo sudah menyerap, tinggal kirim saja ke pasar seluruh Indonesia," imbuhnya.

Meski demikian, beberapa komoditas pokok tetap dikhawatirkan Agus bakal mengalami sedikit kenaikan harga seperti komoditas beras, bawang putih, bawang merah, minyak goreng, telur, daging ayam, dan daging sapi. kbc10

Bagikan artikel ini: