Pemerintah daerah diminta fokus kembangkan produk unggulan

Senin, 9 Desember 2019 | 10:47 WIB ET
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Koperasi dan UKM meminta pemerintah daerah untuk lebih fokus dalam mengembangkan produk unggulan daerahnya masing-masing.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, produk unggulan itu artinya sudah memiliki demand, berbahan baku lokal, dan memiliki kekhasan khusus sebagai faktor pembeda dengan produk daerah lain.

"Terlebih lagi, kita kaya akan komoditi bernilai tinggi di berbagai daerah", ujarnyadi Gedung Smesco Jakarta, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, Jambi harus mulai mengembangkan produk unggulan di luar yang sudah ada seperti kelapa sawit, batubara, dan karet.

"Komoditas seperti itu sangat rentan bila terjadi perubahan iklim ekonomi global seperti yang terjadi saat ini. Saya usulkan, Jambi jangan hanya mengandalkan itu, tapi harus memperkuat produk-produk unggulan lain dari koperasi dan UMKM", kata Teten.

Teten pun menyebut produk kopi asal Jambi bertajuk Kopi Kerinci yang sudah mulai dikenal pasar, baik dalam maupun luar negeri.

Kopi dinilainya bisa menjadi salah satu produk unggulan dari Jambi, sehingga bisa digarap serius untuk pasar domestik hingga masuk ke global value chain.

"Harus kita garap dari sektor hulu hingga hilir, jangan sekadar menjual bahan baku. Saya yakin, masih ada produk unggulan asal Jambi yang bisa dikembangkan agar mendunia," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: