Akulaku bidik pembiayaan Rp6 triliun di tahun depan

Rabu, 11 Desember 2019 | 09:31 WIB ET
Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga.
Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga.

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan pembiayaan berbasis digital (fintech lending) Akulaku Finance mengincar target untuk menyalurkan pembiayaan Rp 6 triliun di tahun 2020.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga menuturkan, guna mencapai target penyaluran pembiayaan sebesar itu perusahaan akan terfokus pada terfokus pada layanan pembayaran di e-commerce-nya. Selain itu Akulaku juga  mendorong pembiayaan kepada pembeli dan pedagang online di e-commerce. 

Akulaku, sambung Efrinal pembiayaan untuk kendaraan bermotor juga akan digencarkan.Per 30 Oktober lalu, perusahaan telah menyalurkan pinjaman Rp 4 triliun, tumbuh 116% secara tahunan (year on year/yoy).

"Pembiayaan itu diberikan kepada lebih dari 3 juta nasabah di Jawa, Sumatera, Bali, dan Lombok," kata Efrinal dalam acara Year End Media Gathering Pengumuman Pemenang Kompetisi Jurnalistik, Selasa (10/12/2019).

Kendati  menargetkan pertumbuhan pembiayaan tahun depan  cukup signifikan,Akulaku berkeyakinan tingkat Non Performing Loan (NPL) dijaga 1%, seperti tahun 2019 ini. "Industri multifinance tumbuh 3,35%. Akulaku Finance luar biasa bisa tumbuh 116," terangnya.

Karena itu,Akulaku, terang Efrinal berupaya menjaga NPL 1% dengan cara melakukan verifikasi ketat ketika menerima data nasabah yang mengajukan pembiayaan. Data yang masuk akan dicroscek untuk memastikan data nasabah tersebut layak dapat pembiayaan. "Menjaga kualitas bukan hanya collection, tapi saat akuisisi lakukan assement dan lihat historikal payment," katanya.

Menurutnya tatacara collection ada perlakuan yang berbeda antara yang satu bulan dengan yang lebih. Hal itu, ditujukan agar penanganan collection fokus.

Selain itu, tahun depan Akulaku berkomitmen tidak hanya mendistribusikan pembiayaan secara konsumtif, melainkan juga untuk produktif seperti modal usaha kepada UMKM "Ini sesuai arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini bentuk diversifikasi pembiayaan," katanya

Pada tahun 2020, Akulaku Finance juga berupaya memiliki business plan diantaranya inovasi layanan , perluasan area dan kemitraan strategis serta edukasi literasi keuangan.

"Di tahun depan kami yakin tetap tumbuh. Bisnis , perencanaan apapun persoalaannya, kami ingin break the limit. Kami ingin menembus semua kendala dan keterbatasan seperti menyiapkan inovasi dan layanan . Lebih penting kami akan mendukung networking hulu dan hilir yang ada di ecommerce," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: