Bidik dana Rp2,4 triliun, Waskita bakal lepas saham dua ruas tol ini

Kamis, 12 Desember 2019 | 09:02 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Waskita Karya (Persero) Tbk berencana melepas kepemilikan sahamnya di dua ruas tol Trans Jawa, yaitu Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono. Kedua ruas tol tersebut akan didivestasikan ke Road King Infrastructure Ltd dengan nilai Rp 2,4 triliun.

Direktur Utama Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra mengatakan, perseroan akan melepas seluruh kepemilikan sahamnya di dua ruas tol masing-masing sebesar 40%. 

"Hampir pasti jual dua ruas, Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono," kata Putra di kantornya, Jakarta Timur, Rabu (11/12/2019).

Ia menjelaskan bahwa perseroan akan mengantongi Rp 1,85 triliun dari penjualan saham di Tol Solo-Ngawi dan Rp 562 miliar dari Ngawi-Kertosono atau total sekiar Rp 2,4 triliun. Pelepasan saham perseroan di dua ruas tol tersebut di atas harga buku.

"Solo-Ngawi nilai buku Rp 1,3 triliun, kita akan transaksikan Rp 1,850 triliun. Jadi kira-kira 1,5 kali book value. Sedangkan Ngawi-Kertosono share 40% kita jual Rp 562 miliar dari book value Rp 400 miliar," ujar Putra.

Putra menegaskan bahwa yang dijual bukan aset perseroan, melainkan konsesi. Perusahaan Hong Kong yang berminat mengambil kepemilikan saham Waskita di dua ruas tol tersebut juga sudah mengumumkan rencana di negaranya.

"Yang ditransaksikan bukan aset, yang beli perusahaan terbuka di Hong Kong. Dia sudah disclose di Hong Kong dia beli tol di Indonesia," ujar Putra. kbc10

Bagikan artikel ini: