Kementerian PPPA resmikan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan di kawasan PIER

Kamis, 12 Desember 2019 | 20:31 WIB ET

PASURUAN - Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Prof. dr. Vennetia Ryckerens Danes, M.S., Ph.D meresmikan secara langsung Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) yang menjadi salah satu fasilitas bagi para pekerja perempuan yang berada di sekitar kawasan industri Pasuruan Industri Estate Rembang (PIER) pada Kamis (12/12).

Bertempat di Kantor Pusat PIER, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Vennetia, meresmikan RP3 didampingi oleh Wakil Bupati Pasuruan KH Abdul Mujib Imron, Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) Fattah Hidayat, dan Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan anak (PPT-PPA) sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan Lulis Irsyad Yusuf.

Dalam sambutannya, Vennetia mengatakan, negara mempunyai fungsi untuk mendorong terwujudnya kenyamanan bagi warganya, khususnya masyarakat pekerja serta yang rentan terhadap kekerasan seksual.

"Untuk dapat mengupayakan perlindungan dan kepastian jaminan keadilan bagi pekerja perempuan, dalam rangka implementasi program unggulan yang dikenal dengan 3END`s yaitu End Violence Against Women and Children/akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, End Human Trafficking/akhiri perdagangan manusia, dan End Barriers To Economic Justice/akhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan, maka Deputi Perlindungan Hak Perempuan menginisiasi RP3 di Kawasan Industri," ujar Vennetia.

Peresmian RP3 ditandai dengan pemotongan pita oleh Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Vennetia, bersama dengan Wakil Bupati Pasuruan KH Abdul Mujib Imron, Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) Fattah Hidayat dan Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan anak (PPT-PPA) sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan Lulis Irsyad Yusuf.

“Kami bangga dan berterimakasih kepada Kementerian PPPA yang telah memilih PIER sebagai kawasan industri pertama yang memiliki Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) di wilayah Jawa Timur. Dengan adanya RP3 ini kami harapkan para pekerja perempuan di lingkungan PIER dan sekitarnya dapat bekerja dengan aman dan nyaman,” ujar Fattah Hidayat.

Kementerian PPPA menginsiasi pembentukan model RP3 di Kawasan Industri. Tahun 2019, RP3 telah terbentuk di 5 kawasan industri yaitu di Cakung, Karawang, Pasuruan, Bintan dan Cilegon. Pembentukan RP3 di Pasuruan bekerjasama dengan PT SIER, dalam hal ini dengan PIER sebagai salah satu cabang dari PT SIER di Pasuruan dan didukung oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Pasuruan. RP3 tentunya difasilitasi dengan ruang konsultasi dan pengaduan bagi pekerja, beserta ruangan laktasi. kbc3

Bagikan artikel ini: