Tetap pacu infrastruktur, Jokowi: Sesakit apa pun harus kita tahan

Senin, 16 Desember 2019 | 17:51 WIB ET
(ilustrasi/istimewa)
(ilustrasi/istimewa)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk memperkokoh fondasi dalam berkompetisi dengan negara-negara lain.

“Sesakit apapun harus berani kita tahan, agar yang namanya pembangunan infrastruktur itu betul-betul rampung dan selesai. Artinya, kelanjutan pembangunan infrastruktur tetap kita laksanakan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12) siang.

Pemerintah, lanjut Presiden, ingin menyambungkan infrastruktur yang telah ada ini kepada kawasan-kawasan industri, kepada kawasan-kawasan produksi pertanian, kepada kawasan-kawasan produksi perikanan, kepada kawasan-kawasan wisata yang ada di setiap provinsi di setiap daerah.

Presiden yang didampingi Wakil Presiden KH Maruf Amin memberi contoh, misalnya ada jalan tol disambungkan ke kawasan-kawasan pertanian. Siapa yang menyambungkan? Presiden menjelaskan, ada Pemerintah Daerah (Pemda) yaitu pemerintah provinsi (Pemprov), ada pemerintah kabupaten (Pemkab), ada pemerintah kota (Pemkot).

“Tugas Bapak-Ibu dan saudara-saudara semuanya adalah menyambungkan itu. Kalau  tidak memiliki kemampuan di APBD, bisa berkonsultasi kepada Menteri PUPR,” tutur Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet. kbc9

Bagikan artikel ini: