XL Axiata antisipasi lonjakan trafik data dan jaringan di destinasi wisata saat Nataru

Selasa, 17 Desember 2019 | 23:48 WIB ET
Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit saat menjelaskan persiapan XL Axiata menjelang libur Nataru.
Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit saat menjelaskan persiapan XL Axiata menjelang libur Nataru.

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) East Region telah mengantisipasi potensi lonjakan data dan penguatan jaringan menjelang musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, pada musim libur seperti Lebaran dan Nataru memang ada peningkatan trafik data dan voice. Pada Nataru tahunn lalu, peningkatan trafik data XL Axiata sekitar 80 persen.

"Peningkatan diprediksi juga akan terjadi pada pergantian tahun nanti, terutama untuk layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim dan media sosial. Sementara untuk voice cenderung flat," jelasnya di Surabaya, Selasa (17/12/2019).

Guna mengantisipasi hal itu, pihaknya telah menyusun sejumlah langkah guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam berkomunikasi. Bambang menyebut, XL Axiata melakukan peningkatan kapasitas dan proteksi jaringan.

"Kami melakukan penambahan kapasitas sebesar 30 persen, juga menyiapkan tim siaga 24 jam selama musim libur Nataru mendatang," ungkap Bambang.

Ditambahkannya, salah satu yang menjadi fokus perhatian pada libur Nataru adalah jaringan di kawasan objek wisata. Pasalnya, masyarakat diprediksi akan menyerbu sejumlah destinasi wisata, seperti Bromo, Kawah Ijen, Banyuwangi, Batu, dan sebagainya.

"Penguatan jaringan kami lakukan baik melalui penambahan BTS maupun fiber optic. Di Jawa Timur sendiri, jaringan fiber optic kami sudah mencapai 5000 kilo meter, dan jaringannya telah menjangkau sekitar 95 persen populasi internet di Jatim," beber Bambang.

Berdasar data yang ada, saat ini XL Axiata di Jawa Timur memiliki pelanggan sebanyak 5,5 juta pelanggan dengan dukungan lebih dari 11 ribu BTS termasuk lebih dari 6.500 BTS 3G dan lebih dari 4500 BTS 4G.

Sementara secara nasional, XL Axiata memiliki sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

"XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data," pungkas Bambang. kbc7

Bagikan artikel ini: