Nih startup yang bisa bikin investor kepincut

Rabu, 18 Desember 2019 | 09:52 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kalangan kaum milenial khususnya inovator muda tengah demam membangun perusahaan rintisan alias startup. Mereka berharap bisa meraup untung dengan menggaet investor.

Meski demikian, ada beberapa jenis startup yang dinilai masih menjadi favorit investor dalam hal penanaman modal.

Hal itu disampaikan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro di Gedung Kemenristek, Selasa (17/12/2019).

"Yang menarik investor itu yang bersifat digital economy. Misalnya start up yang menjual pakan ikan, atau menjual ikan itu sendiri, yang penting berbasis digital," ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang menyatakan bentuknya tidak harus e-commerce atau berupa wadah jual beli online yang menghadirkan beragam produk dari berbagai jenis.

"Justru kita tidak ingin mendorong semuanya jadi e-commerce. Tapi lebih kepada pemanfaatan teknologi yang diadjust dengan kebutuhan pasar saat itu," ujarnya.

Misalnya, lanjut Bambang, produk jasa seperti Halodoc (jasa konsultasi kesehatan) yang menggunakan teknologi untuk menyalurkan jasanya kepada masyarakat luas.

Lebih lanjut, pemerintah akan terus mendorong terciptanya hilirisasi produk nasional dengan berbagai upaya, salah satunya mempertemukan para inovator sekaligus pelaku usaha dengan investor potensial.

"Dengan diselenggarakannya Business Innovation Gathering (BIG), maka diharapkan terjadi peningkatan kapasitas inovasi industri hingga mencapai kolaborasi yang saling menguntungkan antar pihak," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: