Pasar umroh premium menjanjikan, Batik Air buka penerbangan langsung Surabaya-Madinah

Rabu, 18 Desember 2019 | 11:12 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Batik Air meresmikan penerbangan langsung rute Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) tujuan Madinah Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED). Pembukaan rute ini dipicu oleh besarnya permintaan masyarakat yang akan melaksanakan umroh.

“Permintaan layanan umroh semakin besar. Contohnya penerbangan perdana sekarang dari Surabaya ke Madinah langsung penuh. Ini menunjukkan bahwa pangsa pasar besar. Dan data kami pun menunjukkan bahwa banyak sekali permintaan untuk terbang langsung dari Surabaya ke Madina, utamanya yang kelas menengah atas,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie saat peresmian penerbangan perdana Batik Air Rute Surabaya-Madinah di Bandar Udara Juanda Sidoarjo, Selasa (17/12/2019).

Penerbangan dengan menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus 330-300CEO bernomor ID-226 mengudara tepat waktu (on time) pukul 09.30 Waktu Indonesia Barat (WIB, GMT+ 7) membawa 372 penumpang dan 13 awak pesawat.  Hingga awal tahun 2020, penerbangan dilakukan seminggu sekali dan baru akan ditambah di Februari 2020 menjadi tiga kali dengan datangnya armada baru dengan jenis pesawat yang sama. Karena pangsa pasar cukup besar, ia menargetkan tingkat okupansi pesawat dalam setiap penerbangan mencapai 100 persen.

“Dream Tour sangat senang meluncurkan umroh premium services dengan Batik Air perdana dari Surabaya. Hal ini menunjukkan kemitraan Dream Tour bersama Lion Air Group dalam mengakomodir permintaan pasar perjalanan religi muslim,” ujar Presiden Direktur Dream Group, Muhammad Umar Bakadam.

Tahun ini Dream Tour mencatatkan sejarah penting perusahaan dengan mengembangkan bisnis melalui kerjasama Batik Air dalam menyediakan pilihan baru perjalanan umroh yang menawarkan premium services airlines. Batik Air dan Dream Tour menawarkan layanan mencakup bagasi, makanan di dalam pesawat (inflight meals) tersedia dalam kelas bisnis dan ekonomi, hiburan selama perjalanan (inflight entertainment) terdiri majalah, musik religi, audio video pada setiap kursi. Untuk kenyamanan tamu dari masing-masing kota asal, Batik Air telah mempersiapkan awak kabin guna membantu kemudahan komunikasi dari bahasa. 

Selain Surabaya-Madinah, kolaborasi Batik Air bersama Dream Tour juga membuka rute Solo-Madinah, Makassar-Madinah dan Medan-Madinah. Rencana strategis perusahaan jangka berikutnya, juga akan menambah penerbangan ke Madinah dari Banda Aceh – Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar (BTJ), Palembang – Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Sumatera Selatan (PLM), Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK), Balikpapan – Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN) dan Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ).

PTS.General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Trubus Suharsono menegaskan bahwa PT Angkasa Pura I sepenuhnya memberikan dukungan positif terhadap rencana pengembangan bisnis mitra kerjanya. Sejumlah perbaikan fasilitas di Bandara Juanda juga tengah dilakukan.

"Manajemen Angkasa Pura Bandara Juanda akan memberikan fasilitas dan layanan sebaik mungkin untuk penerbangan umroh karena permintaannya sangat besar. Dari bulan Haji sampai sekarang, trafik  pesawat badan lebar untuk umroh mencapai 120 flight per bulan, naik 35 flight dibanding Oktober 2019," pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: