ISEI: Investasi dan perdagangan pacu ekonomi Indonesia

Jum'at, 19 Februari 2010 | 11:01 WIB ET
(dok. kabarbisnis.com)
(dok. kabarbisnis.com)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kalangan ekonomi percaya bahwa tahun 2010 ini akan menjadi kebangkitan perekonomian Indonesia.

Namun, hal ini tidak akan terlepas dari upaya pemerintah untuk meningkatkan dua sektor yang menjadi kunci pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Yaitu sektor investasi dan sektor perdagangan.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Bidang Hubungan Internasional dan Kerjasama Antar Lembaga Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Didik Junaidi Rachbini, saat dihubungi kabarbisnis.com.

Menurut Didik, sektor investasi dan perdagangan, khususnya ekspor perlu mendapat perhatian utama. Sebab kedua sektor ini merupakan roda penggerak ekonomi sebuah daerah ataupun negara. Saat krisis tahun lalu, tercatat nilai ekspor Indonesia sangat kecil. Sementara realisasi ekspor juga mengalami penurunan yang cukup tinggi.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, secara kumulatif nilai ekspor Indonesia Januari-Desember 2009 mencapai US$ 116,49 miliar atau menurun 14,98% dibanding periode yang sama tahun 2008. Sementara ekspor nonmigas mencapai US$97,47 miliar atau menurun 9,66%.

"Selama krisis di 2009 lalu harus diakui investasi kita kurang maksimal. Meski memang masih ada investasi yang masuk, harus diakui pengaruhnya kecil dan grafiknya relatif lemah," kata Didik J Rachbini, Surabaya, Jumat (19/2/10).

Kelemahan lanjutnya, harus segera dikoreksi dan dibenahi untuk lebih memaksimalkan era perdagangan bebas yang telah mulai mengepung perekonomian Indonesia.

Sementara investasi menurutnya adalah salah satu pilar penguat industri dalam negeri untuk menghadapi free trade area (FTA) antara Indonesia dengan beberapa negara terkait.

"Harus diakui bahwa kesepakatan Indonesia dalam ASEAN China Free Trade Area (ACFTA) adalah blunder. Dan jika industri dalam negeri selama ini mengeluh, investasi bisa jadi salah satu solusinya," tambahnya.

Jika kedua sektor tersebut bisa digenjot, ia yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2010 bisa mencapai sekitar 8%. kbc6

Bagikan artikel ini: