CitraHarmoni jadi pioner perumahan bebas penyalahgunaan narkoba di Sidoarjo

Sabtu, 21 Desember 2019 | 18:26 WIB ET
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho (lima dari kiri) dan General Manager CitraHarmoni, Hartono Winarko (dua dari kiri) saat deklarasi Perumahan Bebas Penyalahgunaan Narkoba.
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho (lima dari kiri) dan General Manager CitraHarmoni, Hartono Winarko (dua dari kiri) saat deklarasi Perumahan Bebas Penyalahgunaan Narkoba.

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Warga perumahan CitraHarmoni di Sidoarjo patut berbangga. Pasalnya, kawasan yang dikebangkan grup Ciputra ini ditunjuk menjadi pioner atau percontohan perumahan bebas penyalahgunaan narkoba di Sidoarjo.

Hal ini menyusul dilakukannya deklarasi Perumahan Bebas Penyalahgunaan Narkoba untuk CitraHarmoni yang dilakukan Polresta Sidoarjo, pada Sabtu (21/12/2019). Ditandai dengan penandatanganan prasasti dan deklarasi Perumahan Bebas Narkoba oleh Kapolresta Sidoarjo, di monumen Castil, Perumahan CitraHarmoni.

Kegiatan ini dihadiri Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, Wakapolresta Sidoarjo AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polresta Sidoarjo, Forkopimka Taman, BNNK Sidoarjo, manajemen CitraHarmoni Sidoarjo, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga Perumahan Citra Harmoni.

Sebelumnya, pada Maret 2019 lalu, Polresta Sidoarjo juga mendeklarasikan Kampung Bebas Penyalahgunaan Narkoba di Pesona Sekar Gading, Sekardangan, Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho menuturkan jika dirinya sebagai awal pencetus Kampung atau Perumahan Bebas Narkoba. Karena keprihatinannya terhadap banyaknya penghuni tahanan di Sidoarjo, dimana sekitar 60- 70 persen adalah tersangkut kasus narkoba. Yang memprihatinkan, dia bilang, usia mereka adalah generasi milenial dan produktif yakni 17 sampai dengan 34 tahun.

"Karenanya dengan dideklrasikannya Perumahan CitraHarmoni sebagai kawasan bebas penyalahgunaan narkoba, adalah hal positif dan harus bisa ditiru oleh perumahan-perumahan lain. Kami pun akan terus gencarkan program ini, diharapkan di setiap kecamatan ada kampung atau perumahan pioner bebas penyalahgunaan narkoba, sehingga generasi muda kita dapat terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba," katanya di sela acara deklarasi, Sabtu (21/12/2019).

Dikatakannya, langkah tersebut merupakan program Polresta Sidoarjo untuk menekan penyalahgunaan narkoba di masyarakat, karena efeknya tentu akan besar. Asal tahu saja, di perumahan CitraHarmoni saat ini terdapat sekitar 3.000 KK, atau setara dengan 8.000-9.000 warga yang menghuni.

Kapolresta Sidoarjo menambahkan, untuk bisa ditunjuk sebagai perumahan bebas penyalahgunaan narkoba yang pertama di wilayahnya, sejumlah proses telah dilakukan di CitraHarmoni, dimana tentu diawali dari keinginan warga sendiri.

Setelah itu baru ditindaklanjuti dengan sejumlah kegiatan, seperti penyuluhan di sela kegiatan warga atau di tempat-tempat ibadah akan bahaya penyalahgunaan narkoba oleh Polresta Sidoarjo bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sidoarjo, hingga dilakukan tes urine secara acak.

"Hasilnya dan berdasar data kredibel dari Polda Jatim, menunjukkan bahwa seluruh warga CitraHarmoni memiliki laporan kriminal nol persen untuk kasus narkoba, baik pengguna maupun pengedar," ulasnya.

Ketua RT 40, Perumahan CitraHarmoni Felix Danggur mengatakan, warganya sangat tertantang untuk mewujudkan program Perumahan Bebas Penyalahgunaan Narkoba. Pihaknya pun mengajak seluruh warga unuk bekerja sama jika ada tetangga atau warga yang mencurigakan untuk segera melaporkan ke petugas keamanan.

Sementara itu General Manager CitraHarmoni Sidoarjo, Hartono Winarko menuturkan, pihaknya mendukung segala kegiatan dari warga yang bertujuan untuk keguyuban antar warga. Hal ini menjadi salah satu kunci menekan tindak kejahatan atau penyalahgunaan narkoba di perumahan tersebut.

"Manajemen CitraHarmoni selalu mendukung kegiatan warga, dan kami pun terus menambah dan melengkapi beragam fasilitas untuk itu, seperti taman bermain, taman dan bangunan ikonik, jogging track, kolam renang, club house, dan sebagainya," jelasnya.

Perumahan CitraHarmoni sendiri berkonsep kawasan mandiri berfasilitas tempat ibadah, sekolah, waterpark, sarana olahraga, kesehatan, pusat kuliner, supermarket, children playground, dan area komersial.

Perumahan ini memiliki 14 cluster residensial yang menyasar segmen menengah hingga menengah atas, dan cluster komersial yakni Harmoni City Center 1 dan 2, serta Chi Walk. Beberapa cluster unggulan yang masih dipasarkan adalah Riverside, Rotterdam, NewYork, dan Harmoni City Center 2. kbc7

Bagikan artikel ini: