Kemenhub sejajarkan pengemudi bus layaknya pilot

Minggu, 22 Desember 2019 | 14:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para pengemudi bus kini memiliki seragam baru. Ini menyusul diluncurkannya seragam bagi pengemudi bus oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Seragam tersebut merupakan jenis seragam Abdi Yasa bernuansa putih dengan dasi merah dan dilengkapi atribut di lengan dan dada.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menyebutkan, dengan adanya seragam tersebut diharapkan para pengemudi akan menjadi lebih bangga terhadap profesinya.

"Siapa lagi yang akan bangga kepada profesi kita selain diri kita sendiri," kata dia usai meresmikan seragam baru tersebut, di Terminal Pulogebang, Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Dia mengakui saat ini masih banyak pengemudi yang merasa kurang bangga dengan profesinya.

Selain itu, dengan adanya seragam yang gagah seperti pilot tersebut, Dirjen Budi meyakini para pengemudi akan lebih meningkatkan tanggung jawabnya selama menjalankan tugas.

"Banyak pengemudi kita yang mungkin kurang bangga dengan profesinya. Arahnya dengan lebih bangga kepada profesi, korelasinya adalah perilaku dan dedikasi di jalanan," ujarnya.

Menurutnya, para pengemudi akan jauh lebih semangat menjalani pekerjaannya jika memakai seragam ketimbang hanya memakai kaos atau kemeja biasa.

Dalam kesempatan serupa, salah satu pengemudi, Ahmad Riki mengaku senang dengan seragam barunya tersebut karena penampilan barunya jadi terlihat lebih rapi.

"Bangga dengan pekerjaan sebagai pengemudi dan bisa mencerminkan kepada masyarakat lebih bertanggung jawab di lalu lintas," ujarnya.

Sebelumnya, dia mengungkapkan hanya mengenakan kaos biasa dan kadang seragam dari perusahaannya. "Sebelumnya pakai kemeja, kaos, campur," ujarnya.

Diharapkan ke depannya semua PO Bus akan menerapkan seragam ini kepada pengemudinya. kbc10

Bagikan artikel ini: