Makin canggih, Google Translate tetap akurat meski tanpa internet

Senin, 23 Desember 2019 | 10:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para pengguna aplikasi penerjemah bahasa, Google Translate kini tetap bisa memanfaatkan layanan itu tanpa khawatir jaringan internet yang tidak stabil. Pasalnya, kini aplikasi tersebut bisa digunakan secara offline tanpa sambungan internet, bahkan kemampuannya diingkatkan lebih akurat.

Google mengklaim bahwa Translate sekarang bisa menghasilkan terjemahan yang lebih natural dengan pilihan kata, tata bahasa, serta struktur kalimat yang lebih sesuai konteks. Tingkat akurasi terjemahannya pun disebut 12 persen lebih tinggi. 

“Dalam beberapa bahasa seperti Jepang, Korea, Thailand, Polandia, dan Hindi, peningkatan kualitasnya mencapai lebih dari 20 persen,” tulis Google dalam posting blog berisi pengumuman update terkait. 

Selain itu, Google turut mengembangkan fitur transliterasi (alih aksara) untuk bahasa yang ditulis dalam aksara lain ke dalam aksara latin.

Penerjemahan offline Google Translate kini memberikan hasil yang lebih akurat dan natural. (Google) Gunanya untuk mempermudah pengguna dalam mengucapkan kata-kata secara tepat sesuai bahasa aslinya. 

Transliterasi secara offline di Google Translate kini turut mencakup aksara Arab, Bengali, Gujrati, Kannada, Marathi, Tamil, Telugu, dan Urdu, sebagaimana dihimpun dari Android Central, Minggu (22/12/2019). 

Kemampuan-kemampuan baru Google Translate dalam penerjemahan secara offline mulai diterapkan pada versi 6.4. Aplikasinya bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

“Kalau Anda sudah pernah menggunakan penerjemahan offline sebelumnya, Anda akan melihat sebuah banner di laman home yang akan mengarahkan Anda untuk memperbarui file offline,” sebut Google. kbc10

Bagikan artikel ini: