Libur Nataru, konsumsi BBM di jalan tol melonjak 20 persen

Kamis, 26 Desember 2019 | 13:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pertamina (Persero) memproyeksi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di ruas jalan tol pada libur Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) naik 15-20 persen.

Kendati begitu, Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina (Persero) Mas'ud Khamid memastikan pasokan BBM aman mengantisipasi kenaikan.

"Untuk jalan tol, konsumsi BBM naik 15-20 persen, bahkan ada yang mencapai 25 persen," ujarnya di Cirebon, Jawa Barat, seperti dikutip, Selasa (24/12/2019).

Mas'ud juga memastikan pasokan BBM berbagai jenis aman, karena perseroan terus menambah stok.

Ia merinci pasokan BBM secara nasional sampai 20 hari ke depan aman. "Stok kami jaga, baik BBM maupun elpiji/LPG hingga 19-20 hari. Jadi stok untuk seluruh produk Pertamina di pasar, kami jamin cukup," terang dia.

Secara keseluruhan, konsumsi BBM pada libur Natal dan Tahun Baru naik sekitar 3,5-4 persen dibandingkan hari-hari biasanya. Sementara untuk penggunaan LPG, kenaikannya mencapai 4 persen.

Mas'ud memastikan perseroan menyiagakan tim untuk menambah pasokan. "Tim semua siaga, baik yang di kapal, kilang, SPBU, SPBE di agen maupun di pangkalan," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: