BULOG siap hadikan PangananDotCom di Surabaya dan 5 kota ini

Minggu, 29 Desember 2019 | 23:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Setelah resmi melaunching Supermall Pangan Pertama di Indonesia dengan nama PangananDotCom pada akhir November lalu, BULOG siap melebarkan sayap pengembangan bisnis ini ke kota besar lain di Indonesia seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. 

PangananDotCom merupakan bentuk transformasi Perum BULOG dalam mewujudkan tercapainya kedaulatan pangan menggunakan teknologi online untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. ''Berdasarkan hasil riset, pada tahun 2015 Indonesia memiliki 18 juta kosumen yang berbelanja secara daring," ujar Direktur Pengembangan Bisnis BULOG Imam Subowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (29/12/2019).

Diperkirakan angka ini akan meningkat menjadi 119 juta konsumen pada 2020. Dengan melihat perubahan perilaku konsumen di Indonesia yang sekarang beralih ke belanja digital (daring), Perum BULOG ,sambung Im hadir untuk membangun Supermall Pangan Online yang berkolaborasi dengan PT Store Indonesia, Shopee dan PT JNE Indonesia. 

Menurutnya salah satu tantangan dalam penyaluran pangan tidak terlepas dari kondisi tata letak geografis Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau menimbulkan ongkos distribusi yang mahal dan waktu pengiriman yang lama.Namun dengan hadirnya PangananDotCom dapat memangkas biaya logistik sebesar 65 % khusus di Jakarta yang diharapkan bisa segera diterapkan di seluruh daerah di Indonesia.

Imam mengatakan dalam jangka panjang Perum BULOG menargetkan bisa memiliki satu gudang disetiap provinsi. Adapun enam gudang yang akan dibuka diharapkan bisa rampung pada triwulan I 2020 dan bisa segera digunakan untuk menampung stok beras yang akan dijual melalui  PangananDotCom. 

“Desember ini kita akan bergerak bertahap. Tahun depan di triwulan I harus selesai. Kita menargetkan tahun depan semuanya sudah terhubung dengan PangananDotCom.Usai enam kota besar ini, kita meluas se-Indonesia sehingga minimal satu provinsi ada satu gudang untuk PangananDotCom,” ujar Imam

Tercatat performa toko PangananDotCom masih terjaga dengan baik sejak grand launching pada 26 November 2019 lalu. Tren pengunjung PangananDotCom per hari sekarang meningkat 400% jika dibandingkan saat awal dilaunching kemarin. 

Kecepatan respon terhadap pelanggan sebesar 100% dan dari 2.800 penilaian terhadap toko yang masuk, PangananDotCom mendapatkan penilaian 4.9 dari 5. Hingga saat ini e-commerce yang diharapkan menjadi king market pangan di Indonesia telah menjual 181 varian produk.

PangananDotCom merupakan jawaban Perum BULOG dalam terus mengupayakan tersedianya pangan sampai ke pelosok negeri melalui pemanfaatan teknologi digital. Tentunya e-commerce ini diharapkan menjadi king market atau supermall bahan pangan online yang terbesar di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat mendapatkan bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari dengan mudah dengan biaya pengiriman yang murah.

“Di sisi lain, PangananDotCom diciptakan sebagai salah satu upaya BULOG untuk dapat mensukseskan program bantuan pangan Pemerintah melalui pemanfaatan teknologi digital. Harapannya, penerima bantuan dapat memperoleh bahan pangan dengan mudah dan harga yang sama di seluruh wilayah Indonesia,” tambah Imam. 

Perum BULOG akan terus melakukan publikasi dan promosi terkait produk-produk yang dijual melalui PangananDotCom salah satunya dengan melakukan kegiatan diskon harga, adlibs di radio nasional, promosi dan banner di social media, flyering di Car Free Day dan penjualan di seluruh Kantor BULOG di Indonesia.kbc11

Bagikan artikel ini: