Google terungkap tengah siapkan smartphone murah Pixel 4a

Kamis, 2 Januari 2020 | 13:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pixel 3a dan 3a XL merupakan deretan smartphone besutan Google yang sukses. Dengan formula berupa smartphone spesifikasi mid-range dengan kamera kualitas flagship.

Nah, pada 2020 ini, Google dikabarkan akan merilis lagi lini "Pixel a" ini. Bocoran tersebut pertama kali diungkap oleh pembocor ulung, Steve Hemmerstoffer. Menurutnya, terdapat beberapa aspek yang kini telah kita ketahui tentang Pixel 4a Series ini.

Pertama, Pixel 4a akan mewarisi bingkai kotak dari kamera yang ada di Pixel 4. Sebenarnya ini adalah keputusan desain yang kontroversial kala Pixel 4 Series dirilis. Namun Pixel 4a tetap akan menggunakan bahasa desain serupa, untuk menyesuaikan tradisi sebelum.

Perbedaannya, hanya akan ada satu buah kamera yang dipadu dengan LED flash, alih-alih dua kamera seperti di Pixel 4 Series.

Bocoran kedua adalah soal kamera depan, yang mana akan memanfaatkan desain luabang layar atau punch-hole display.

Hal ini akan membuat Pixel 4a akan membuang fitur facial recognition dan juga Motion Sense, demi mencapai harga yang lebih murah.

Keuntungannya, tidak ada bezel dahi yang besar, dan Pixel 4a dapat memaksimalkan desain bezel-less di bagian atas perangkat.

Selain itu karena tidak ada fitur pengenalan wajah yang merupakan sistem biometrikasi utama di Pixel 4, Pixel 4a akan memiliki fitur pemindai sidik jari konvensional yang diletakkan di bagian belakang perangkat.

Selain itu adalah soal dapur pacu. Pixel 4a diyakini akan membawa prosesor mid-range dari Qualcomm. Namun tipe apa yang dibawa, masih berupa tanda tanya.

Hal ini dikarenakan jika Google mengikuti tradisi dari pendahulunya, kemungkinan besar Qualcomm Snapdragon 675 yang terbaru-lah yang akan disematkan.

Namun jika memperkirakan bahwa Pixel 4a juga harus behadapan dengan kompetitor baru yakni iPhone 9 yang menggunakan prosesor canggih A13 Bionic besutan Apple, Pixel 4a bisa jadi akan menyematkan Snapdragon 730 untuk lebih bisa bersaing head-to-head.

Selain itu soal RAM, diperkirakan minimal ada RAM 4GB dan juga storage 64GB. Terakhir, diperkirakan Pixel 4a akan diungkap pada Google I/O 2020 yakni awal Mei. kbc10

Bagikan artikel ini: