Antisipasi bencana di 2020, pemerintah siapkan dana Rp5 triliun

Rabu, 8 Januari 2020 | 08:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 5 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 untuk penanggulangan bencana alam di Indonesia, seperi banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, nilai anggaran mencapai Rp5 triliun untuk penanggulangan bencana, yang ditetapkan di APBN 2020.

"Angka ini bisa lebih besar jika memang dibutuhkan untuk menghadapi bencana," ujar Askolani di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Dia merinci anggaran Rp5 triliun ini akan disebarkan pada lembaga khusus yang menanggulangi bencana. Yaitu sebesar Rp500 miliar untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

"Alokasi tersebut diberikan untuk mengatasi bencana yang terjadi di awal tahun ini," jelasnya.

Askolani mengatakan, pengalokasian dana untuk penanggulangan bencana telah dilakukan oleh pemerintah setiap tahun. Sehingga sewaktu-waktu ada bencana dana tersebut bisa dicairkan.

Dia menambahkan, pemerintah juga menyiapkan dana siap pakai dari Bendahara Umum Negara (BUN) yang bisa digunakan untuk menangani bencana.

"Dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga sudah menganggarkan penanganan bencana yang terjadi dan Kementerian Sosial juga sudah menyalurkan bantuan sosial untuk korban bencana," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: