Samsung siapkan cara baru permudah mengetik di smartphone

Rabu, 8 Januari 2020 | 09:24 WIB ET

SEOUL, kabarbisnis.com: Samsung terus berkomitmen untuk menghadirkan teknologi baru yang memudahkan penggunanya.

Di ajang CES 2020, pabrikan Korea ini siap memamerkan teknologi terbarunya, salah satunya yang disebut SelfieType. Ini memungkinkan kamera depan untuk mengartikan gerakan jari pada keyboard imajiner.

Laman Giz China menyatakan, Samsung dengan jelas menunjukkan bahwa CES 2020 akan menjadi momen untuk menghadirkan secara lebih rinci beberapa teknologi avant-garde yang dibuat oleh program inkubasi C-Lab-nya. Contohnya, SelfieType, yang memungkinkan kamera depan pada perangkat seluler menginterpretasikan pengetikan pada permukaan datar.

Untuk mencapai hal ini, sensor selfie terus-menerus mentransmisikan (selama penggunaan keyboard virtual) gambar RAW ke sistem kecerdasan buatan (AI). AI bertanggung jawab untuk menganalisis gerakan jari secara real-time dan menafsirkannya. Teknik ini memungkinkan untuk dapat memasukkan teks tanpa secara langsung menangani smartphone.

SelfieType tidak memerlukan perangkat keras tambahan dan sangat mudah beradaptasi dengan berbagai perangkat seluler. Ini termasuk smartphone, tablet, dan laptop, seperti yang dilaporkan oleh Samsung dalam presentasinya. 

Untuk saat ini, teknologi tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris untuk saat ini (melalui keyboard QWERTY). Namun, fitur dapat mendukung bahasa lain jika berhasil.

Faktanya SelfieType memiliki kelemahan besar. Ini terutama ditujukan untuk pengguna yang terbiasa mengetik teks tanpa melihat keyboard mereka. Teknologi ini pasti akan sedikit relevan bagi orang-orang yang perlu mengawasinya. 

Masalah di mana Samsung harus menemukan solusi jika ingin membuat SelfieType benar-benar bermanfaat bagi pengguna maksimal. Namun diakui teknik pengetikan ini di atas semua demonstrasi teknologi. kbc10

Bagikan artikel ini: