Melalui Xmart Donasi, XL Axiata ajak pelanggan bantu korban bencana

Rabu, 8 Januari 2020 | 16:58 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Di awal tahun 2020 ini, sejumlah daerah di Tanah Air mengalami bencana alam, diantaranya banjir di Jabodetabek, hingga bencana banjir bandang-tanah longsor di Kab. Lebak dan Kab. Bogor.

Sebagai wujud kepedulian terhadap para korban bencana di Indonesia, PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berinisiatif membuka layanan SMS Donasi (Xmart Donasi). Layanan ini mengajak seluruh pelanggan setia XL Axiata berdonasi untuk membantu para korban bencana yang sangat membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama di pengungsian. Layanan Xmart Donasi dibuka mulai 7 Januari hingga 2 Februari 2020. 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Lebak, Banten dan Kab. Bogor, ribuan korban masih menempati tempat-tempat pengungsian yang tersebar di beberapa wilayah di Kab. Lebak, seperti, Lebak Gedong, Cipanas, Sajira, Pajagan, Curugbitung, Maja dan Cimarga, sedangkan di Kab. Bogor berada di Desa Cisarua, Cileuksa, Kiarasari, Kiarapandak, Harkat Jaya, Urug, Pasir Madang, Jaya Raharja, Sukamulih dan Sipayung. 

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda masyarakat di Kab. Lebak, Banten dan Kab. Bogor telah mengakibatkan ribuan masyarakat di sana kehilangan tempat tinggal dan harta benda.

"Untuk sedikit membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban, kami berinisiatif membuka layanan Xmart Donasi ini untuk mengajak seluruh pelanggan XL Axiata yang ingin berdonasi untuk membantu para korban bencana. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami untuk membantu meringankan masyarakat Indonesia. Kami turut prihatin atas musibah yang terjadi dan mengucapkan rasa simpati yang mendalam untuk para korban dan semoga mereka selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (8/1/2020).

Francky menambahkan, pelanggan XL Axiata bisa melakukan donasi pulsa menggunakan layanan Xmart Donasi melalui SMS dengan format Donasi<spasi>XLPEDULI<spasi>nominal kirim ke 6116. Selain SMS, bisa juga dengan cara menghubungi *123*6116# pilih XLPEDULI dan masukan nominal pulsa yang ingin didonasikan. Nominal donasi mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 200.000. Nantinya hasil donasi pelanggan melalui Xmart Donasi akan kami salurkan langsung kepada para korban bencana.

Selain membuka layanan Xmart Donasi, di lokasi bencana, XL Axiata juga telah mendirikan Posko Bencana di salah satu titik pengungsian yang berada di Kecamatan Sajira Mekar, Lebak, Banten. Posko ini dilengkapi dengan fasilitas Telpon Umum Gratis (TUG), akses internet gratis melalui WiFi dan charger station yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk berkomunikasi oleh para pengungsi di lokasi ini yang mencapai sekitar 400 orang.

Selain itu, Posko Bencana XL Axiata juga mendistribusikan bantuan darurat untuk para korban bencana di Kab. Lebak berupa peralatan masak untuk dapur darurat, sembako, makanan ringan, minuman, kebutuhan bayi dan anak.

Distribusi bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Francky Rinaldo Pakpahan kepada para korban di pengungsian pada Selasa (7/1/2020).

“Selain distribusi bantuan untuk korban bencana di Kab. Lebak ini, tim kami yang berada di wilayah Kab. Bogor juga akan mendistribusikan bantuan darurat berupa barang-barang kebutuhan pokok bagi korban bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat sedikit membantu meringankan beban para korban di pengungsian di kedua lokasi tersebut. Selanjutnya, Posko bencana di Kab. Lebak akan kami siagakan terus hingga kondisi darurat berakhir, dan posko ini akan kami jadikan pusat penyaluran bantuan yang diberikan dari rekanan bisnis XL Axiata untuk korban bencana di Lebak," ujar Francky.

Terkait peristiwa bencana ini, XL Axiata berkomitmen menjaga kualitas jaringan agar bisa terus digunakan untuk membantu semua pihak di lokasi bencana dapat berkomunikasi dengan lancar. Salah satunya dengan keberhasilan tim di lapangan menghidupkan kembali BTS di Desa Cipanas, Lebak yang sempat terganggu akibat bencana yang melanda wilayah tersebut dan saat ini jaringan sudah kembali normal. kbc7

Bagikan artikel ini: