Legislator usulkan Pertamina gencarkan kampanye elpiji 3 kg untuk orang miskin

Rabu, 8 Januari 2020 | 19:52 WIB ET

SURABAYA - Anggota Komisi VII DPR RI Charles Meikyansah mengusulkan kepada Pertamina, khususnya di wilayah Marketing Operation Region (MOR) V menggencarkan kampanye elpiji 3 kg untuk orang miskin, sebab masih ditemukan orang yang tidak berhak tetap menggunakan elpiji subsidi itu.

"Kami mengusulkan harus ada kampanye yang gencar terhadap penggunaan eliji 3 kg untuk orang miskin, sebab masih ditemukan elpiji itu digunakan oleh orang yang mampu," kata Charles Meikyansah di Surabaya, Rabu.

Charles dalam kunjungannya ke Terminal BBM Pertamina MOR V di kawasan Tanjung Perak Surabaya mengatakan harus ada upaya yang kongkret untuk mengatasi salah sasarannya elpiji ukuran 3 kg, sebab masalah ini adalah klasik dan sudah lama terjadi.

"Oleh karena itu, kami dari Komisi VII Dapil Jatim meminta ada upaya dari Pertamina untuk mengatasi hal ini, sehingga ke depan tidak terjadi lagi, dan keberadaan elpiji bersubsidi harus tepat sasaran," katanya.

Manager Retail Sales MOR V, Asep Wicaksono Hadi mengakui salah sasarannya elpiji ukuran 3 kg untuk orang yang mampu dikarenakan minimnya pengawasan di lapangan, oleh karena itu dirinya akan melakukan koordinasi dengan pengawas lapangan terkait hal tersebut.

Dia mengaku, sangat mendukung upaya untuk kembali mengkampanyekan bahwa elpiji ukuran 3 kg untuk orang miskin, agar membuka kesadaran masyarakat mengenai peruntukan elpiji tersebut.

Selain itu, kata dia, diperlukan komitmen bagi petugas dan pengawas di lapangan untuk terus mengawasi proses distribusi elpiji 3 kg agar tidak salah sasaran.

Sementara itu, kunjungan Charles ke Terminal BBM Pertamina MOR V di kawasan Tanjung Perak bagian dari reses kelompok kerja di Komisi VII DPR RI untuk mengevaluasi kinerja Pertamina di daerah. 

Selian itu, kunjungan yang disertai tim itu juga untuk memantau dan mengawasi penyaluran serta pemanfaatan BBM kepada masyarakat Jawa Timur.

Bagikan artikel ini: