FILM : UP IN THE AIR

Sabtu, 20 Februari 2010 | 17:40 WIB ET

Pertentangan batin seorang lelaki

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pekerjaan memecat orang, memang rada asing ditelinga kita. Biasanya karyawan yang kena PHK, cukup diberi selembar kertas pemecatan. Namun di negeri Amerika, memPHK karyawan bukan pekerjaan mudah.

Memang bagi perusahaan besar yang memiliki banyak cabang di penjuru benua Amerika, harus didatangi satu persatu untuk memecat karyawannya. Harus ada teknik sendiri menghadapi situasi yang emosional korban PHK.

Karenanya, dibutuhkan seorang pakar untuk menjalani pekerjaan ini. Lantaran jumlah karyawannya sangat banyak maka sang pakar PHK ini harus datang dari satu kota ke kota lain, naik pesawat setiap hari ke berbagai tempat, tidur di hotel mewah setiap hari. Karena rutinitas aktifitas itu, membuat sang pakar PHK menikmati apa saja yang diinginkan. Hidupnya tak terikat dengan apapun atau siapapun dan menghabiskan waktu dengan bepergian.

Karenanya seks bebas, minuman keras dan obat-obatan terlarang pun tak bisa lepas dari kehidupannya. Film drama komedi satir tentang pertentangan batin seorang pria yang diadapatasi dari novel Walter Kirn terbitan 2001 ini, memang memiliki alur kedalaman cerita yang menarik. Menariknya banyak memberikan pesan moral, memberikan sebuah nilai kejujuran.

Lebih dari itu, akting para pemain melalui dialog maupun tutur pembicaraannya sangat dinamis, apalagi diselengi sedikit komedi yang profesional, elegan yang menunjukan kondisi sebenarnya seperti terjadi sekitar kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana seseorang menghargai pekerjaannya, hidupnya dan orang yang berada disekelilingnya.

Tak heran, jika Film bertajuk Up In The Air sempat meraih box office, sempat menempatkan dalam daftar film layar lebar yang bergengsi sebagai nominasi Oscar 2010. Meskipun film ini cukup lama telah dirilis sejak tahun 2009, dan baru Februari 2010 nangkring di Bioskop, namun film besutan Sutradara Jason Reitman yang mengotong bintang papan atas George Clooney, mampu membuat kita tertegun mengenangnya.

Ryan Bingham (George Clonney) telah menghabiskan hidupnya selama satu tahun berpergian dengan pesawat terbang dari satu bandara ke bandara lain. Pekerjaan Ryan sebenarnya adalah seorang pembicara, namun Ryan mendapat tugas tambahan dari atasannya. Pekerjaan tersebut cukup berat. Ia harus mewakili atasannya untuk memecat karyawan. Tidak terhitung sudah berapa banyak karyawan yang dipecat oleh Ryan.

Pekerjaan tersebut menjadikan Ryan harus terbang dari satu perusahaan ke perusahaan lain di kota yang berbeda di seantero Amerika Serikat.

Ryan bahkan menghabiskan 322 hari dalam setahun dalam sebuah perjalanan menggunakan pesawat berada di udara. Sudah ribuan mil bila dihitung rute perjalannanya. Sepertiga hidupnya ia lakukan didalam pesawat. Hingga membuat Ryan menjadi seorang first class disetiap penerbangannya.

Memang bagi Ryan ini pekerjaan menyenangkan, sebaliknya bagi orang yang menjadi korban PHK kehadiran Ryan selalu dibenci dan ditanggapi dengan pandangan sinis. Ekspresi orang yang di PHK benar menggambarkan realita para pekerja yang dipecat dari pekerjaannya.

Setelah sekian tahun menggeluti pekerjaan itu, tiba-tiba atasan Ryan, Craig, merekrut seorang gadis fresh graduate bernama Natalie untuk membantu Ryan. Kehadiran pembantu itu membuat Ryan protes namun akhirnya menuruti perintah dari Craig. Ryan harus mengajari beberapa hal kepada Natalie dan mengajak serta Natalie untuk melakukan perkerjaan memecat karyawan.

Kondisi pekerjaan Ryan yang sibuk dan menghabiskan sebagai harinya di udara, membuat Julie, adik Ryan yang akan menggelar pesta pernikahan meragukan Ryan hadir di acara pernikahannya. Diluar dugaan, Ryan menyanggupi permintaan Julie untuk hadir di pernikahannya dan akan membantu Julie yang menginginkan agar Ryan bisa memotret setiap kota yang dihadirinya sebagai kenang-kenangan untuk Julie.

Di sebuah kota, Ryan bertemu dengan wanita cantik bernama Alex. Wanita cantik inilah yang akhirnya memberikan perubahan tentang komitmen hidup. Mereka berdua pun langsung jatuh cinta. Hubungan mereka berlanjut ke tingkat yang lebih intens. Alex harus pulang ke rumahnya di Boston sedangkan Ryan tidak bisa menemaninya karena harus hadir di pernikahan Julie.

Berniat untuk memberi kejutan untuk Alex, Ryan terbang ke Boston. Ryan Bingham yang memiliki karakter yang kuat dengan pendiriannya berubah menjadi seorang manusia biasa yang ternyata bisa memiliki rasa kehilangan, sakit hati. Ternyata Alex sudah berkeluarga. Alex mengaku bahwa Ryan hanyalah pelariannya dari kesepian sesaat. Bagaimanakah hubungan Ryan dan Alex selanjutnya? Kbc10

Genre : Drama

Penulis : Sheldon Turner dan Jason Reitman

Sutradara : Jason Reitman

Produser : Daniel Dubiecki, Jeffrey Clifford, Ivan Reitman

Pemain : George Clooney, Vera Farmiga, Anna Kendrick

Produksi : Paramount Pictures

Durasi : 109 menit

Bagikan artikel ini: