Daihatsu jual 177.558 unit di 2019, tiga model ini jadi penopangnya

Jum'at, 10 Januari 2020 | 08:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat penjualan ritel sepanjang tahun 2019 sebanyak 177.558 unit. Angka tersebut mengantarkan Daihatsu menjadi merek paling laris ke-2 di pasar domestik untuk ke-11 kalinya.

Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, penjualan sepanjang 2019 dikontribusi oleh model-model andalan, seperti Sigra sebesar 29%, Gran Max 21%, dan Xenia 16%.

"Tiga model tersebut selalu menjadi kontributor tertinggi penjualan Daihatsu dalam tiga tahun terakhir," katanya, Kamis (9/1/2020).

Kendati demikian, penjualan Xenia pada 2019 sedikit menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh kapasitas produksi yang harus terbagi untuk memenuhi permintaan ekspor model sejuta umat ini.

Menyiasati kondisi ini, Daihatsu berfokus mendorong penjualan dan produksi Sigra yang merupakan kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau (KBH2). Hal ini mendorong Sigra menjadi model Daihatsu paling laris pada 2019.

Kinerja penjualan ini, lanjut Hendrayadi, dicapai lantaran kuatnya jaringan penjualan dan purna jual (after sales) yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun lalu. Penambahan jaringan dealer dinilai berkontribusi positif terhadap penjualan pada 2019.

Dia memperkirakan total penjualan mobil pada 2019 menyentuh angka 1 juta unit. Namun demikian, pihaknya masih menunggu data resmi dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Hendrayadi menambahkan, dengan perkiraan tersebut, kinerja pada 2019 dinilai telah mencapai target yang ditetapkan oleh perseroan. Merek di bawah naungan Toyota Motor Corporation (TMC) ini menargetkan pangsa pasar sebesar 17% dari total pasar domestik.

"Kalau ditanya apakah kinerja kami pada 2019 mencapai target? Jawabannya iya, karena kami mencapai target dari sisi pangsa pasar sebesar 17%," pungkas Hendrayadi. kbc10

Bagikan artikel ini: