Impikan RI jadi lokasi syuting kelas dunia, Nadiem gandeng Netflix

Jum'at, 10 Januari 2020 | 09:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ikut berkomitmen untuk pengembangan industri perfilman Indonesia.

Guna meningkatkan kualitas perfilman Indonesia berkelas internasional, pemerintah pun menggandeng platform streaming on demand Netflix.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memiliki harapan bahwa dengan kerja sama ini, Indonesia menjadi tempat yang dilirik oleh sineas global sebagai tempat syuting yang berkelas.

"Harapan kami di Kemendikbud adalah agar Indonesia menjadi tempat syuting paling laku di dunia. Berbagai macam film maker dari seluruh dunia datang untuk syuting di sini," ujarnya di Gedung Kemendikbud, Kamis (9/1/2020).

Kerja sama kedua pihak tersebut berencana untuk melatih para penulis naskah film dengan ide terbaik, untuk dibawa ke Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat dan diberikan pelatihan. Selain itu, hal ini menurut Kuek Yu-Chuang, Managing Director Netflix Asia Pacific, dapat membuka kesempatan bagi talenta lokal untuk berkolaborasi dengan talenta global.

"Apa yang ingin kami coba adalah menghubungkan talenta Indonesia dengan talenta global," ujarnya.

Netflix sendiri menggelontorkan dana sebesar 1 juta dolar AS atau setara Rp 14 miliar untuk komitmennya melatih sineas di Indonesia. Selain memboyong sineas pilihan ke Hollywood, akan ada pelatihan juga yang akan digelar di Jakarta untuk 100 penulis naskah film.

Netflix juga mengatakan akan mengadakan kompetisi film pendek bertemakan azas-azas Pancasila dengan hadiah US$600 ribu atau setara Rp8,4 miliar. Meski begitu, belum ada rincian pasti kapan kompetisi ini akan digelar. kbc10

Bagikan artikel ini: