Presiden Jokowi senang PSSI rekrut Shin Tae-Yong jadi pelatih

Selasa, 14 Januari 2020 | 12:51 WIB ET

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Presiden Joko Widodo senang dengan keputusan PSSI merekrut Shin Tae-Yong sebagai pelatih tim nasional Indonesia.

"Beliau senang karena Shin Tae-Yong berasal dari Korea Selatan. Jadi masih dekat dengan budaya Asia yang memudahkannya beradaptasi dengan Indonesia," ujar Zainudin di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).

Menurut Zainudin, Presiden selalu mengikuti perkembangan tim nasional, khususnya timnas U-19 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Presiden Joko Widodo mendapatkan informasi tersebut langsung dari Menpora.

"Secara teratur saya selalu mengirimkan laporan kepada Presiden termasuk soal seleksi pemain timnas U-19 yang berlangsung mulai hari ini," kata Zainudin seperti dikutip antara.

Keputusan Tepat

Terkait Shin Tae-Yong, Menpora pun memiliki kesan pertama yang baik. Zainudin Amali mengapresiasi keputusan PSSI untuk mendapatkan tanda tangan Shin.

Sebagai seseorang yang mengerti soal sepak bola, Zainudin melihat Shin mempunyai kemampuan yang baik dalam memilih dan memantau talenta pemain serta memberikan latihan yang sesuai.

"Keputusan PSSI untuk mendatangkan Shin Tae-Yong tepat," tutur dia.

Shin Tae-Yong, juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, disahkan PSSI menjadi pelatih timnas Indonesia dan timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 pada akhir tahun 2019.

Dalam prosesnya, pria berusia 50 tahun itu mengisi posisi manajer pelatih timnas Indonesia yang bertugas mengawasi timnas U-16, U-19, dan U-23.

Bagikan artikel ini: