Menristek rayu Apple buka banyak akademi di Indonesia

Rabu, 15 Januari 2020 | 08:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro meminta raksasa teknologi Apple untuk membuka lebih banyak Apple Developer Academy di Indonesia.

Di Indonesia, saat ini Apple Developer Academy telah membuka akademi di tiga kota, yakni Jakarta, Surabaya dan Batam dan telah melatih ratusan developer Indonesia. 

"Talenta digital tidak hanya ada di tiga kota itu. Tapi ada di Sumatera, Kalimantan tempat ibukota baru, Sulawesi, Maluku, Papua bahkan Nusa Tenggara," kata Bambang saat berpidato di acara kelulusan Apple Developer Academy di BSD City, Tangerang, Selasa (14/1/2020).

"Jadi kami berharap Apple Academy untuk rencana masa depannya bisa membuka lebih banyak akademi di Indonesia," lanjutnya. 

Indonesia sendiri merupakan satu dari tiga negara yang disinggahi oleh Apple Developer Academy. Dua negara lainnya adalah Brasil yang memiliki 10 akademi dan Italia. 

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Riset Inovasi Nasional ini mengatakan kehadiran Apple Developer Academy penting untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia untuk menghadapi revolusi industri 4.0. 

Menurutnya, sumber daya manusia yang berbakat ini bisa membantu memenuhi permintaan talenta digital dari startup yang ada di Indonesia. Jika kebutuhan ini tercukupi, startup dan perusahaan digital Indonesia tidak perlu lagi mencari talenta ke luar negeri. 

Tidak hanya itu, nantinya ekonomi digital Indonesia bisa berkembang dan bersaing di level Asia Tenggara. 

"Ini bisa membantu kami mempercepat jumlah sumber daya manusia yang berbakat untuk mendukung kemampuan Indonesia bersaing di ekonomi digital," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: