Darbe.id, solusi dorong pengembangan bisnis UKM

Kamis, 16 Januari 2020 | 12:06 WIB ET
Mochammad Ilham didampingi Abdul Haris Novianto menjelaskan tentang keberadaan darbe.id dihadapan awak media.
Mochammad Ilham didampingi Abdul Haris Novianto menjelaskan tentang keberadaan darbe.id dihadapan awak media.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sukses menjalankan bisnis hingga menjadi pemilik mayoritas saham PT Darmi Bersaudara Tbk, PT Darbe Putra Makmur berupaya mengembangkan bisnis barunya dengan meluncurkan darbe.id.

Direktur PT Darbe Putra Makmur Nanang Sumartono mengatakan, darbe.id adalah digital platform yang menjalankan dan menghubungkan seluruh ekosistem di existing industri Darbe Group dan bisnis usaha kecil menengah (UKM) sejenisnya.

“Ke depan nantinya darbe.id ini diharapkan mampu menjadi solusi bisnis bagi patner kami UKM, untuk memenuhi di bidang finansial maupun nonfinansial hingga dapat meningkatkan skala bisnisnya untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar,” ujar Nanang dalam peluncuran darbe.id di Surabaya, Rabu (15/01/2020).

Harapan lainnya, sambung Abdul Haris Novianto selaku Komisaris PT Darbe Putra Makmur, darbe.id dapat membawa angin segar bagi para pelaku UKM yang selama ini mengalami kesulitan dari permodalan maupun tata kelola yang baik. Di mana UKM yang merupakan pilar ekonomi sebuah daerah ataupun negara bisa membawa kemajuan ekonomi untuk lebih baik.

“Saya berharap kehadiran kami ini dapat membantu para pelaku UKM,” sambungnya.

Sekadar diketahui, jika latar belakang berdirinya berdirinya perusahaan ini berawal dari para profesional yang berkompeten di bidangnya dan berpengalaman dalam pengembangan bisnis UKM.

Dengan sayap baru ini, darbe.id akan siap masuk di pasar usaha industri jasa keuangan berbasis teknologi  informasi (financial technology) yang berkontribusi untuk menguatkan UKM di Indonesia.

Sementara itu, Vice President (VP) Business Development PT Darbe Putra Makmur Mochammad Ilham mengungkapkan, perkembangan UKM saat ini sangat pesat. Namun, masih banyak juga UKM yang belum bisa naik kelas menjadi usaha yang besar dan bisa ekspor ke luar negeri.

“Harapkan kami darbe.id mampu menjadi business solution partner bagi kebutuhan UKM yang terverifikasi terutama di bidang finansial maupun nonfinansial," sambungnya.

Ilham lalu menceritakan awal kemunculan darbe.id. Berawal di tahun 1998 dari bisnis keluarga di bidang kayu, lalu berhasil menembus ekspor dan empat tahun kemudian di pasar Asia dan Eropa. UKM ini terus berinovasi dan berkembang.

Pada tahun 2008, Darmi melakukan diversifikasi usaha dengan menjajaki bisnis di bidang peternakan ayam potong, yang hingga di tahun 2010 melembagakan bisnis ke dalam sebuah PT yaitu PT Darmi Bersaudara.

Hingga di tahun 2019 perusahaan ini berhasil melakukan Penawaran Umum Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia untuk PT Darmi Bersaudara Tbk.

Pengalaman membangun UKM hingga berhasil menjadi perusahaan Tbk ini, tentu bukan hal mudah. Terutama dalam hal pendanaan, yang merupakan faktor utama dan sering menjadi kendala dalam mengembangkan usaha UKM.

"Hal inilah membuat PT Darmi Bersaudara membuktikannya, sebagai UKM pertama di Jawa Timur yang berhasil menjadi Perusahan Terbuka," tutup Ilham. kbc7

Bagikan artikel ini: