Pertamina tunggu kebijakan distribusi tertutup elpiji 3 kg

Kamis, 16 Januari 2020 | 12:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pertamina (Persero) tengah menunggu kebijakan pemerintah terkait mekanisme distribusi tertutup Elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram (kg) alias elpiji 'melon'.

“Sebagai operator, Pertamina siap dengan pelaksanaan mekanisme distribusi dengan sistem tertutup. Pertamina akan selalu memastikan availability atau ketersediaan dari produk LPG,” kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami, Rabu (15/1/2020).

Saat ini, Pertamina menunggu arahan selanjutnya dari Pemerintah untuk skema dan waktu pelaksanaannya.

Menurut Dewi, langkah distribusi tertutup Elpiji 3 Kg wujud mendukung upaya agar subsidi energi lebih tepat sasaran.

“Terkait sosialisasi, kami menunggu kepastian mekanisme yang akan ditetapkan. Tentu nantinya juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” sambungnya.

Sebelumnya, ramai wacana pemerintah akan menyalurkan gas Elpiji 3 kilogram dengan skema tertutup kepada masyarakat kurang mampu pada pertengahan tahun ini.

Pemerintah sedang menggodok aturan pembatasan pembelian untuk tabung gas melon itu.

Wacananya, tabung gas 3 kilogram hanya dapat dibeli sebanyak tiga kali dalam sebulan. Hal ini merujuk terhadap hasil survei kepada warga yang kerap membeli di pengecer.

Penerapan untuk penerima subsidi gas Elpiji 3 Kg ini, pemerintah berkeinginan menggunakan metode batang elektrik (barcode) dan juga kartu sejenis elektrik nontunai untuk memudahkan proses. kbc10

Bagikan artikel ini: