Susul Facebook, WhatsApp diunduh 5 miliar kali di Google Play Store

Selasa, 21 Januari 2020 | 09:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Aplikasi pesan instan WhatsApp mengklaim telah diunduh sebanyak lima miliar kali di Google Play Store.

Dengan pencapaian ini, Aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook Inc menjadi aplikasi kedua di luar Google yang berhasil meraih jumlah unduhan sebanyak ini. Sebelumnya, Facebook mencapai angka tersebut pada tahun 2019.

Itu pun berkat kemitraannya dengan Samsung dan sejumlah OEM lainnya untuk menyediakan aplikasi Facebook secara pre-install. Jumlah unduhan ini dicapai WhatsApp pada Desember 2019. Saat ini, jumlah pengguna aktif WhatsApp tercatat lebih dari 1,5 miliar pengguna setiap bulan.

Seperti dilansir dari Phonearena, Senin (20/1/2020), di Amerika Serikat, popularitas WhatsApp masih berada di belakang Facebook Messenger dan Snapchat. Sementara di luar AS, terutama di negara-negara berkembang, WhatsApp bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi, melainkan juga alat bagi bisnis untuk menjangkau konsumen dan pelanggan.

Sebelumnya, WhatsApp dinobatkan sebagai aplikasi yang terpopuler, atau paling banyak di-download sepanjang 2019. Hal ini terungkap dari hasil riset firma peneliti aplikasi Sensor Tower di dalam laporan "Store Intelligence Data Digest: 2019 Year in Review". WhatsApp diakuisisi oleh Facebook pada 2014.

Awalnya, Facebook juga akan menyisipkan iklan pada WhatsApp, mirip dengan Instagram. Namun, belakangan rencana Facebook untuk menyisipkan iklan di layanan pesan instan WhatsApp pada tahun ini kabarnya dibatalkan.

Salah satu sumber dalam mengatakan bahwa tim yang bertanggung jawab untuk merealisasikan ide itu dibubarkan oleh Facebook. Bahkan, hasil kerja tim tersebut kabarnya juga telah dihapus dari kode WhatsApp.

Kabar ini cukup mengejutkan. Sebab, rencananya, iklan di WhatsApp akan mulai bergulir tahun ini. 

Dalam acara Facebook Marketing Summit yang berlangsung di Berlin pada 2019 pun Facebook sudah memamerkan bagaimana wujud iklan yang nantinya akan muncul di WhatsApp Status. 

Belum diketahui alasan pasti Facebook membatalkan rencana ini. Perwakilan WhatsApp mengatakan bahwa rencana itu tidak sepenuhnya batal. Pemasangan iklan di WhatsApp masih menjadi rencana jangka panjang yang belum diketahui kapan akan diwujudkan.

Saat ini, Facebook mash fokus mengembangkan fitur untuk memudahkan komunikasi antara pebisnis dan konsumen melalui WhatsApp Business. kbc10

Bagikan artikel ini: