Pasar potensial, Softex Indonesia optimis penjualan tumbuh dua digit

Kamis, 23 Januari 2020 | 22:55 WIB ET
Aktivitas produksi di pabrik PT Softex Indonesia di Sidoarjo.
Aktivitas produksi di pabrik PT Softex Indonesia di Sidoarjo.

SIDOARJO, kabarbisnis.com: PT Softex Indonesia optimis pasar hygiene products khususnya popok bayi dan pembalut wanita masih tumbuh positif di tahun ini. Perusahaan ini pun terus memperkuat penetrasi pasar baik melalui produk baru maupun penguatan brand awareness.

Plant Manager Sidoarjo PT Softex Indonesia, Benydictus Hindrawan mengatakan, tahun lalu kinerja penjualan produknya tumbuh dua digit. Pertumbuhan yang sama diyakini juga akan terjadi di tahun ini, mengingat populasi pasar di Tanah Air cukup besar.

"Meski demikian kami masih bisa memanfaatkan kapasitas produksi di pabrik Sidoarjo ini, karena kapasitas terpakainya masih sekitar 85 persen. Jadi masih bisa dioptimalkan," katanya pada acara media visit ke pabrik PT Softex Indonesia di Sidoarjo, Kamis (23/1/2020).

Dikatakannya, pabrik di Sidoarjo memiliki 7 line mesin, dimana kapasitas produksinya sebanyak 15 juta - 25 juta piece per mesin per hari. Pabrik di Sidoarjo menghasilkan produk popok bayi dan pembalut wanita.

Produk dari pabrik ini memasok kebutuhan pasar di wilayah Indonesia Timur dan Jawa Timur. "Kami bersyukur hingga saat ini market share Softex untuk popok bayi masih nomor satu di pasar domestik," ungkap Beny, sapaan akrabnya.

Pabrik di Sidoarjo sendiri memiliki area produksi seluas 18.552 meter persegi, dengan standar keselamatan yang lengkap dan teruji. Sedangkan infrastruktur menempati lahan seluas 11.051 meter persegi. Dengan demikian, total area pabrik mencapai 29.603 meter persegi. 

Selain pabrik di Sidoarjo, selama ini Softex Indonesia juga memiliki pabrik di Tangerang, Banten. Kedua pabrik tersebut telah beroperasi secara optimal. Kedua pabrik ini telah memproduksi merek-merek terkenal seperti Sweety, Softex, Confidence, Happy Nappy, dan Softies.

Selain memanfaatkan pabrik yang sudah ada, perseroan kini dalam tahap penyelesaian pembangunan pabrik baru di Karawang, Jawa Barat yang ditargetkan beroperasi secara penuh pada kuartal III-2020.

Pabrik di Karawang menempati lahan seluas 12 hektare (ha) dan menerapkan teknologi terbaru dalam bentuk sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis (Automated Storage and Retrieval Systems/ASRS). 

Head of Talent Acquisition, Learning & Reward PT Softex Indonesia, M. Zaenal Abidin menambahkan, Softex Indonesia berkomitmen mendukung program sustainability, salah satunya melalui program kerja sama untuk mendaur ulang popok bekas pakai menjadi sesuatu yang fungsional dan bernilai. 

Program sustainability terkini yang dijalankan Softex Indonesia di Bandung, Jawa Barat adalah program daur ulang popok bekas pakai menggunakan mesin hidrotermal yang ramah lingkungan atau tanpa metode pembakaran. Proses pengolahan ini menghasilkan pokbrick (batu bata dari bahan popok bekas) dan minyak bakar. 

"Program sustainability di Bandung, Jawa Barat itu merupakan bentuk nyata dari kontribusi Softex Indonesia kepada masyarakat dan lingkungan dalam mengurangi limbah popok. Program ini merupakan program lanjutan dari program sustainability sebelumnya yang sudah dijalankan di Tangerang di tahun lalu," jelasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: