Game mobile sumbang pendapatan Nintendo Rp14 triliun

Sabtu, 1 Februari 2020 | 08:44 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jika dulu Nintendo tak ertarik membuat game untuk perangkat mobile, namun kini perusahaan ini diperkirakan mulai sumringah dengan bisnis tersebut. Terbukti, Nintendo meraup pendapatan dari game untuk Android dan iOS sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun.

Menurut Sensor Tower, pemasukan Nintendo dari game mobile untuk Android dan iOS saat ini sudah menembus US$1 miliar. Namun perlu diingat, ini adalah data dari perusahaan pihak ketiga, alias bukan data resmi dari Nintendo.

Game Nintendo yang paling menghasilkan untuk saat ini adalah Fire Emblem Heroes, di mana mayoritas pemasukan mereka di platform mobile berasal dari game tersebut. Di bawahnya ada Animal Crossing: Pocket Camp, dan diikuti oleh Draglia Lost pada posisi ketiga.

Uniknya, justru jajaran game Mario yang merupakan ciri khas Nintendo malah pemasukannya tak ada apa-apanya dibanding ketiga game di atas, demikian dikutip  dari Ubergizmo, Jumat (31/1/2020).

Seperti diketahui, NIntendo biasanya menggratiskan gamenya di platform mobile. Namun di dalamnya, mereka akan menyisipkan konten-konten tambahan yang bisa dibeli.

Model bisnis in app purchases ini bisa dibilang memang strategi yang paling menguntungkan untuk para developer game. Pasalnya, model seperti ini bisa menghasilkan pemasukan yang kontinuitasnya lebih baik, ketimbang pemasukan dari pembelian game di awal. kbc10

Bagikan artikel ini: