Kemenhub kaji pengalihan rute penerbangan China ke negara ini

Selasa, 4 Februari 2020 | 17:55 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji untuk mengalihkan rute penerbangan ke China ke negara lain, seperti Australia, India dan negara-negara di Asia Barat. 

Opsi pengalihan rute diambil menyusul penutupan penerbangan dari dan ke China mulai Rabu (5/2/2020). Penutupan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona yang ditemukan pertama kali di Kota Wuhan, China, pada akhir tahun lalu.

"Itu (pengalihan penerbangan) jadi solusi, karena Australia, Asia Barat, dan India ini cukup menarik, para maskapai juga memikirkan ke arah sana," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela Rapat Koordinasi (Rakor) di bilangan Sudirman, Jakarta Selasa (4/2/2020).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membahas mekanisme penyelesaian hak konsumen yang telah membeli tiket untuk terbang ke China pada hari ini, Selasa, (4/2).

Belum ditetapkan hingga kapan penutupan penerbangan sementara ini akan diberlakukan. Selain itu, peraturan ini akan berlaku untuk penumpang transit di Indonesia menuju China.

Lebih lanjut, Budi mengatakan bahwa rapat pembahasan dampak ekonomi dan solusi akan penyebaran Virus Corona dengan Presiden akan diadakan pada hari ini.

Budi menyebut bahwa pemerintah masih akan mengikuti status yang diberikan oleh World Health Organization (WHO) untuk Virus Corona. 

"Jadi kalau kita bicara Virus Corona, kami berinduk atau berpayung pada WHO. Jadi ditetapkan WHO itu suatu dasar kami bersikap terutama berkaitan dengan transportasi," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: