Instagram raup US$20 miliar dari iklan sepanjang 2019

Rabu, 5 Februari 2020 | 16:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Instagram sukses memberikan kontribusi bagi perusahaan media sosial terbesar asal Amerika Serikat, Facebook.

Menurut laporan Bloomberg, Rabu (5/2/2020), bahwa Instagram mampu menghasilkan US$20 miliar atau setara Rp 273,6 triliun dari pendapatan iklan sepanjang 2019.

Laporan dari The Verge juga menuliskan, pendapatan Instagram di atas menyumbang lebih dari seperempat dari keseluruhan pendapatan Facebook di tahun 2019. Di Instagram, iklan muncul di antara Stories yang tengah diputar. Iklan juga muncul di feed pengguna, serta di tab Explore.

Tim Instagram memang tengah bekerja keras untuk menemukan formula yang tepat agar bisa menampilkan lebih banyak iklan di antara konten-konten yang diunggah pengguna.

Terlepas dari upaya tim Instagram, angka penjualan iklan ini sangat menarik, mengingat Google yang mengumumkan bahwa penghasilan iklan YouTube sebesar US$15 miliar pada tahun lalu.

Pendapatan iklan yang diperoleh YouTube ini, hanya sekitar 10 persen dari keseluruhan penghasilan Google.

Tak seperti YouTube, Instagram tidak membagikan pendapatan iklan dengan para konten kreatornya. Pada laporan sebelumnya disebutkan bahwa Instagram membayar pembuat konten tertentu di IGTV mereka.

Dalam kasus tersebut, perusahaan membayar biaya peralatan dan pemotretan si konten kreator, bukan berbagi keuntungan iklan. Biaya ini diperkirakan tidak mencapai kisaran ratusan ribu dolar AS. kbc10

Bagikan artikel ini: