Ciputra Development incar marketing sales tumbuh 10% di tahun ini

Jum'at, 7 Februari 2020 | 11:02 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pengembang properti PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menargetkan marketing sales tumbuh 10% sepanjang tahun 2020. Kenaikan tersebut dihitung dari realisasi marketing sales perseroan tahun lalu yang sebesar Rp 6,1 triliun.

Direktur Ciputra Development Tulus Santoso mengatakan, target kenaikan marketing sales tersebut berasal dari proyek-proyek bangunan bertingkat, seperti apartemen dan gedung perkantoran menyumbang 17% marketing sales. Sementara sisanya berasal dari proyek rumah tapak (landed house). 

Tulus optimistis, perusahaannya dapat mencapai target pertumbuhan tahun ini. Pasalnya, capaian marketing sales CTRA pada 2019 sama dengan 2018 sehingga tumbuh stagnan. Padahal, menurut dia, marketing sales CTRA menunjukkan tren penurunan sejak 2013. 

"Tahun 2019 menjadi salah satu pendorong pertumbuhan. Sebelumnya turun terus sejak 2013. Jadi, mudah-mudahan selanjutnya bisa turning point," kata dia di Jakarta, Kamis (6/2/2020). 

Tulus memperkirakan, pertumbuhan marketing sales 2020 masih akan ditopang oleh penjualan rumah tapak dengan harga di bawah Rp 1 miliar per unit. Biasanya, peminatnya adalah para pembeli rumah pertama atau first home buyer. 

Di samping itu, tren penurunan suku bunga juga ia nilai dapat menjadi momentum pertumbuhan tersebut. Pasalnya, suku bunga yang rendah dapat memberikan pengaruh positif pada kredit kepemilikan rumah (KPR) yang pada akhirnya akan memacu pembelian properti.

"Jadi lebih mudah berikan KPR. Kalau sebelumnya kan selektif," ucap Tulus.

Pada 2020, CTRA juga menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp 1,5 triliun, naik dari tahun lalu yang sebesar Rp 1,3 triliun. Capex ini akan digunakan untuk membangun tiga mal dan membebaskan sejumlah lahan. 

Saat ini, CTRA tengah membangun satu mal di Tangerang dan dua mal di Surabaya, yaitu Citra Raya Tangerang, CitraLand Surabaya, dan perluasan dari Ciputra World Surabaya. Perusahaan ini menargetkan ketiga mal tersebut dapat beroperasi mulai 2021. 

Pada tahun ini, CTRA juga bakal meluncurkan proyek apartemen baru yang berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur. Perusahaan ini juga tengah dalam proses pengurusan izin dan survei pasar untuk beberapa proyek di lahan baru.

Hanya saja, Tulus enggan mengungkapkan detailnya. Yang jelas, proyek-proyek tersebut masih berlokasi di Jakarta, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya dan terdiri dari beragam jenis properti. kbc10

Bagikan artikel ini: