Diminta beri diskon tiket pesawat, Garuda Indonesia masih menghitung

Jum'at, 7 Februari 2020 | 23:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) merespon permintaan pemerintah agar kalangan maskapai domestik memberikan diskon khusus untuk penerbangan tujuan Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan. Hal ini sebagai upaya untuk menyiasati penurunan wisatawan asal China. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengaku siap mendukung segala upaya pemerintah yang berkiatan dengan pemulihan sektor-sektor yang terdampak virus corona tersebut. Namun demikian, pihaknya masih akan membahas permintaan pemerintah tersebut dan masih melakukan perhitungan. 

"Kita tentu saja mendukung segala upaya pemerintah. Kita sedang melakukan perhitungan dan akan kita informasikan ke masyarakat pada saat yang tepat," ujar Irfan, Jumat (7/2/2020).

Irfan juga mengatakan, pemerintah memberikan sepenuhnya keputusan pemberian diskon tersebut ke tangan masing-masing maskapai. "Kita diminta inisiatif sendiri," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah mengatakan bahwa rencana pemberian diskon khusus ini sudah dibicarakan dengan pihak maskapai domestik. 

Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati, maskpaai penerbangan pun memahami kondisi yang tengah terjadi saat ini.

Hal tersebut guna mendongkrak kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) untuk menutupi anjloknya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) usai merebaknya wabah virus Corona.

Adita menyampaikan, pemerintah memberikan sepenuhnya keputusan pemberian diskon tersebut ke tangan masing-masing maskapai.

Meski begitu, Adita mengaku tak mengetahui berapa besar potongan yang akan diberikan maskapai nantinya. Dia menjelaskan, diskon yang diberikan ditentukan oleh masing-masing maskapai setelah proses perhitungan dilakukan. 

Dia juga menyebut, proses perhitungan tersebut dilakukan dengan berdiskusi dengan Kemenhub. kbc10

Bagikan artikel ini: