Cegah penyebaran virus corona, ini yang dilakukan Kemenaker ke 40.357 TKA China

Jum'at, 7 Februari 2020 | 23:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) meningkatkan pengawasan dan pendekatan terhadap 40.357 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang ada di Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang berpotensi terjadi di tempat kerja.

“TKA kita yang berasal dari Tiongkok adalah 40.357 orang per 3 Februari 2020. Terhadap TKA yang ada di Indonesia ini dilakukan pembinaan atau ditingkatkan pembinaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), khususnya kesehatan kerja, dalam upaya pencegahan wabah virus corona,” kata Kepala Perlindungan TKI Masa Penempatan Kemenaker, Maptuha di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Pemantauan terhadap TKA China ini juga dalam upaya pencegahan penyakit di tempat kerja melalui deteksi dini dan pengendalian faktor bahaya di tempat kerja. “Kemudian, meningkatkan peran pelayanan kesehatan kerja dan dokter perusahaan untuk dapat mengantisipasi penyebaran virus corona di tempat kerja,” ujar Maptuha.

Menurut dia, visa kerja bagi TKA China akan diberikan sepanjang Kemenaker RI memberikan izin kerja untuk TKA yang memang sudah berada di Indonesia.

Seperti diketahui, Kemenaker RI akan segera mengeluarkan surat edaran kepada seluruh perusahaan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terdaftar untuk melarang melakukan penempatan ke China.

Hal tersebut dilakukan menyusul kebijakan Kementerian Luar Negeri yang melarang Warga Negara Indonesia untuk berkunjung ke China Mainland, terkait wabah virus corona yang tengah terjadi di negeri tirai bambu itu. 

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bakal segera berkoordinasi dengan Duta Besar China untuk membicarakan nasib tenaga kerja asal Negeri Tirai Bambu, menyusul penyebaran Virus Corona dalam beberapa waktu terakhir.

"Besok (hari ini) akan kami undang Dubes China di Indonesia untuk mengoordinasikan agar TKA China di sini tetap tenang bekerja tidak perlu khawatir dan bagi TKA yang sedang berlibur ke China saya kira ikuti saja prosedur yang ada," tutur Ida.

Menurut Ida, para TKA China yang bekerja di Tanah Air dipastikan tidak menjadi persoalan. Kendati, di China tengah merebak pandemik Virus Corona. Ia pun mengatakan tidak menghalangi mereka yang hendak izin keluar negeri. kbc10

Bagikan artikel ini: