Pengumuman! 12 Penerbangan di Bandara Halim bakal dialihkan ke Soetta

Selasa, 11 Februari 2020 | 09:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma dipastikan bakal mengalami pengurangan. Pasalnya, PT Angkasa Pura II (Persero) bakal mengalihkan sebanyak 12 penerbangan dari bandara tersebut ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jumlah itu terdiri dari 6 penerbangan Batik Air dan 6 penerbangan Citilink Indonesia.

Adapun saat ini total penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma adalah sebanyak 160 penerbangan per harinya.

"Itu mungkin total kita hitung paling sekitar 12 penerbangan, jadi 12 take off landing Batik Air dan 12 take off landing Citilink kurang lebih seperti itu," kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Senin (10/2/2020).

Menurut dia, pengalihan penerbangan tersebut disebabkan oleh tingkat kepadatan di Bandara Halim Perdanakusuma yang sudah cukup tinggi.

Selain itu, pihaknya mempertimbangkan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang. "Jangan sampai kemudian banyak faktor yang diharapkan maskapai dan penumpang itu tidak terpenuhi maksimal dalam aspek safety, security dan services," kata dia.

"Contoh misalkan kejadian kemarin runway kerendam (akibat banjir) otomatis kena penerbangan, itu risiko cukup tinggi terjadi itu," tambahnya.

Awaluddin menargetkan, pengalihan rute penerbangan ini akan dilakukan pada Maret 2020 ini.

"Paling cepat Maret, awal dari summer season kan dia harus per season ya," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: