Perlunya konsultan keuangan untuk 'kesehatan' perusahaan

Selasa, 11 Februari 2020 | 15:14 WIB ET

DI TENGAH kondisi ekonomi yang masih lesu seperti sekarang ini, baik secara individu maupun perusahaan, perlu strategi jitu untuk tetap bisa bertahan dan berkembang. Ada dua hal yang saling berkaitan dalam hal ini, yakni kondisi finansial, dalam hal ini keuangan dan kreativitas. Dalam hal finansial, salah sedikit saja dalam mengelola keuangan, besar kemungkinan bisa menggapai tujuan yang diinginkan, bahkan akan babak belur. Nah, jika kondisi keuangan sedang dalam kondisi 'sakit', perlu 'dokter', yakni perencana atau konsultan keuangan.

Bagi sebagian orang, perencanaan keuangan adalah sesuatu yang bisa menyulitkan dirinya, karena ketidaktahuannya mengenai bidang ini. Berdasar dari masalah tersebut, disinilah peran dari seorang konsultan keuangan diperlukan.

Ada anggapan bahwa menggunakan konsultan keuangan dilakukan saat kondisi finansial, usaha rintisan alias startup atau perusahaan sudah memiliki cukup modal demi mengelola keuangan mereka. Padahal hal ini salah besar. Karena jasa perencana keuangan harus dilakukan sedini mungkin. Pengelolaan dan perencanaan keuangan harus dilakukan sejak awal untuk bisa mencapai tujuan kita.

Apa sih konsultan keuangan itu? Dia adalah, seseorang yang ahli di bidang ekonomi dalam mengurus arus kas masuk dan keluar guna mencapai tujuan-tujuan tertentu. Ibarat seorang dokter yang memeriksa pasiennya, seorang konsultan keuangan juga harus dapat membantu mendeteksi kesehatan keuangan para kliennya, termasuk memberikan solusi mengenai masalah keuangan yang mereka alami

Karena itu, fungsi dari pekerjaan ini adalah untuk membantu klien mencapai target yang diharapkan, baik berupa saran atau memberikan gambaran situasi makro pada klien, mempersiapkan masa tua yang bebas dari utang, hidup sejahtera, pemilihan pengelolaan keuangan, kekayaan atau investasi, dan mengajari pengelolaan keuangan yang baik.

Tak hanya usaha besar, jasa konsultan keuangan juga dibutuhkan dalam perencanaan finansial seseorang atau keluarga, seperti perencanaan sekolah anak, pensiun, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dana darurat, memiliki hunian, investasi, warisan, dan masih banyak lagi.

Berikut keuntungan apa saja yang bisa didapat dari jasa konsultan keuangan.

1. Membantu Menetapkan Tujuan

Konsultan keuangan akan bisa membantu menetapkan tujuan yang sesuai, terukur, realistis, serta dapat dikelola. Ada kalanya Anda akan mengubah cara dan tujuan, setelah mengetahui cara kerjanya. Nah, konsultan keuangan akan membantu meraih tujuan secara terukur, masuk akal, serta cara yang tepat.

2. Memandu Usaha

Untuk mencapai tujuan dari usaha yang dijalani, Anda tentu memerlukan panduan atau pegangan. Di sinilah peran konsultan keuangan. Setelah berdiskusi, akan didapati ke mana sajakah alokasi aset harus diarahkan, toleransi risiko atau kemampuan Anda menanggung risiko untuk tiap tujuan, serta likuiditas investasi.

3. Gambaran Kondisi Pasar

Dengan jasa konsultan keuangan, Anda akan dibantu untuk memonitor agar komposisi aset atau investasi tetap di jalur yang tepat. Market timing memang sangat sulit. Namun setidaknya, Anda sudah harus mengantongi sikap-sikap jika kondisi tertentu terjadi. Sikap-sikap apa yang perlu diambil saat krisis terjadi, atau saat melesatnya pertumbuhan ekonomi. Bersikap pasif mungkin baik daripada tidak menimbun, tapi bersikap saat perubahan terjadi biasanya lebih baik.

4. Manajemen Perilaku

Perilaku seperti senang belanja atau mengeluarkan uang, sulit menyimpan atau berinvestasi, dan ingin hasil besar dengan sekejap, mungkin menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Hal ini bisa saja menghambat kemajuan dan menghalangi kesuksesan. Di sini konsultan keuangan akan mendampingi untuk pelan-pelan mengimbangi perilaku ini, yang bisa membantu seseorang meraih kemajuan dan kesuksesan.

Setelah hal di atas sudah dipahami, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menemukan konsultan keuangan yang profesional tanpa harus merekrutnya, namun dengan biaya jasa yang tak membebani keuangan kita, jawabannya adalah menggunakan jasa konsultan keuangan lepas (freelancer).

Keberadaan freelancer jasa konsultan keuangan akan membawa banyak manfaat bagi bisnis Anda. Selain efisiensi waktu, juga efisiensi keuangan. Biaya jasa konsultan keuangan juga variatif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga efisiensi keuangan dapat dilakukan. Khususnya ketika dalam tahap awal membangun sebuah usaha yang memang membutuhkan kehati-hatian agar tidak salah langkah ke depannya. 

Menjawab kebutuhan itu, Fastwork melalui laman https://fastwork.id/financial.hadir untuk menyediakan jasa akuntansi freelance/accounting services terpercaya untuk membantu Anda terhubung dengan financial consultant yang sudah berpengalaman di bidang akuntansi, pembuatan laporan keuangan dan pajak. kbc7

Bagikan artikel ini: